ANALISIS PENGARUH TRADING HALT DAN TRADING SUSPEND TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020)

TRI, WIDIYARTI (2022) ANALISIS PENGARUH TRADING HALT DAN TRADING SUSPEND TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI WIDIYARTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam aktivitas perdagangan saham, harga-harga saham mengalami fluktuasi. Dari perkembangan IHSG sejak tahun 2015 hingga 2020 menunjukkan kenaikan dan penurunan yang mendorong Bursa Efek Indonesia mengambil kebijakan dengan melakukan penghentian sementara atas kegiatan perdagangan saham sebagai langkah antisipasi dalam mengurangi fluktuasi tajam di pasar modal. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan variabel trading halt dan trading suspend terhadap indeks harga saham gabungan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 10 perusahaan manufaktur selama periode 2015-2020. Data diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia, Yahoo Finance. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Panel dengan bantuan program computer Eviews 10. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa secara parsial Trading Halt berpengaruh signifikan terhadap IHSG dan sedangkan Trading Suspend tidak berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Secara simultan menyatakan bahwa Trading Halt dan Trading Suspend berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Tinjauan ekonomi islam pada penelitian ini adalah mengenai pentingnya kegiatan pasar saham syariah untuk investasi jangka panjang yang harus dilakukan sesuai dengan prinsip islam dan tidak menyalahi aturan yang ada. Kata kunci : Trading halt, Trading Suspend, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:57
Last Modified: 19 Oct 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21379

Actions (login required)

View Item View Item