PENGARUH PENDAPATAN PAJAK RESTORAN DAN COFFE SHOP TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Kota Bandar Lampung Tahun 2016-2020)

RAHMALIA, RAHMALIA (2022) PENGARUH PENDAPATAN PAJAK RESTORAN DAN COFFE SHOP TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Kota Bandar Lampung Tahun 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RAHMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak Restoran merupakan Pajak yang dikenakan atas Usaha Restoran, sedangkan Pajak Coffe Shop merupakan Pajak yang dikenakan atas pelayanan Coffe Shop. Pajak Restorandan Coffe Shop merupakan salah satu komponen dari pajak daerah yang merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pajak daerah yang dipungut merupakan Pendapatan Asli Daerah yang kemudian digunakan untuk kepentingan masyarakat bersama. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 12 Tahun 2017 Perubahan atas Peraturan daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah bahwa Pajak Daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan Pemerintahan Daerah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mewujudkan kemandirian daerah. Rumusan pada penelitian ini yaitu; Apakah Pajak Restoran dan Coffe Shop berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Bandar Lampung tahun 2016-2020 dan Bagaimana pandangan Islam terhadap Pajak Restoran dan Coffe Shop sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Bandar Lampung. Berdasarkan rumusan tersebut, maka diadakannya penelitian ini yaitu dengan tujuan; Untuk mengetahui apakah Pajak Restoran dan Coffe Shop berpengaruh seacar parsial dan simultan terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Bandar Lampung tahun 2016-2020; Untuk menjelaskan bagaimana pandangan Islam terhadap Pajak Restoran dan Coffe Shop sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, jenis data pada penelitian ini yaitu data primer time series yang bersumber dari BPPRD (2016-2020). Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan didukung program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa Pajak Restoran dan Coffe Shop berpengaruah secara parsial dan simultan terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah kota Bandar Lampung, Pandangan Ekonomi Islam terhadap Pajak yaitu diperbolehkan dan dibenarkan, karena pajak merupakan sumber pendapatan yang akan digunakan untuk pengelolaan negara termasuk pengelolaan pembangunan Kota Bandar Lampung. Pemungutan pajak diperbolehkan asalkan sesuai dengan ketentuan islam atau yang tidak ada kaitannya dengan judi ataupun unsur maisir. Kata kunci : Pajak Restoran, Coffe Shop, PAD, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:48
Last Modified: 19 Oct 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21376

Actions (login required)

View Item View Item