PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP KINERJA MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2016-2020)

Pandu, Wiratama (2022) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP KINERJA MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pengungkapan Islamic Corporate Governance dan Islamic Social Reporting dinilai dapat meningkatkan kinerja bank umum syariah, sehingga penulis tertarik untuk mengangkat tema tersebut sebagai penelitian dengan melibatkan teori stakeholder dan Sharia Enterprise Theory (SET). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Islamic Corporate Governance dan Islamic Social Reporting terhadap Kinerja Bank Umum Syariah yang ditinjau dengan menggunakan Maqashid Syariah Indeks (MSI). Objek penelitian ini yaitu Islamic Corporate Governance sebagai variabel dependen satu, Islamic Social Reporting sebagai variabel dependen dua dan Kinerja Maqashid Syariah sebagai variabel independen . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder berupa annual report Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2016-2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 10 Bank Umum Syariah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software Eviews 10. Hasil analisis menunjukkan bahwa Islamic Corporate Governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Maqashid Syariah, dan Islamic Social Reporting berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Maqashid Syariah. Kata Kunci : Islamic Corporate Governance, Islamic Social Reporting, Maqashid Syariah Indeks

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:34
Last Modified: 19 Oct 2022 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item View Item