PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN DALAM PRESPEKTIFEKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PT. Cahaya Lestari Teguh Makmur Bandar Lampung)

MUHAMMAD, ALFARISI (2022) PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN DALAM PRESPEKTIFEKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PT. Cahaya Lestari Teguh Makmur Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ALFARISI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam perspektif Ekonomi Islam terdapat sumber informasi yang selalu digunakan atau dimanfaatkan oleh manusia, Secara keseluruhan sistem informasi akuntansi berperan penting dari sejak pencatatan transaksi hingga bagaimana sistem tersebut menghasilkan informasi yang berkualitas, Pengendalian Internal dalam pandangan islam di lakukan untuk meluruskan yang tidak lurus, mengoreksi yang salah, dan membenarkan yang hak, Pengelolaan dan penerapan pengendalian Internal yang baik maka suatu perusahaan akan lebih mudah dalam pencapaian tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Untuk mengetahui pengaruh Sistem Akuntansi Penjualan terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan. Objek dalam penelitian ini yaitu pada PT.Cahaya Lestari Makmur Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan datamenggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 41 orang karyawan (responden) yang bekerja di PT. Cahaya Lestari Teguh Makmur Bandar Lampung. Teknik analisis data yang dilakukan ialah analisis regresi linier sederhana dengan uji F, uji T, dan koefisien determinasi (Adjusted R2) yang diolah melalui program SPSS 2.2 dengan taraf sign 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 5.683 dan t tabel pada N = 41 dan α=0,05 diperoleh t tabel = 1,683 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung > t tabel atau5,683 > 1,683 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti Sistem Informasi Akuntansi Penjualan (X) dan berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Y) di PT. Cahaya Lestari Teguh Makmur. Pengaruh nyata Sistem Informasi Akuntansi Penjualan (X) terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Y) dapat ditunjukkan dengan nilai R square = 0,453 atau sebesar 45,3 % sedangkan sisanya sebesar 54,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal dan Penjualan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:11
Last Modified: 19 Oct 2022 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21365

Actions (login required)

View Item View Item