Ika, Meliyana Wahyuni (2022) P E N G A R U H K U A L I T A S P E L A Y A N A N , P R O M O S I D A N C I T R A P E R U S A H A A N TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT KHASANAH ABADI CABANG TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Persaingan antara lembaga keuangan syariah maupun konvensional baik produk sejenis ataupun tidak sejenis menjadikan pentingnya dalam BMT Khasanah Abadi Cabang Tulang Bawang melaksanakan pelayanan, promosi dan memperbaiki citra agar dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan suatu produk sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah dan menarik masyarakat menggunakan pembiayaan murabahah di BMT Khasanah Abadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan citra perusahaan berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap minat anggota dalam menggunakan jasa pembiayaan murabahah di BMT Khasanah Abadi, kemudian bagaimana minat pengguna jasa pembiayaan dalam perspektif ekonomi islam. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan citra perusahaan berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap minat anggota dalam menggunakan jasa pembiayaan murabahah di BMT Khasanah Abadi kemudian untuk mengetahui bagaimana minat pengguna jasa pembiayaan dalam perspektif ekonomi islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer, melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian sebanyak 50 nasabah dengan jumlah sampel sebanyak 33 nasabah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi yang diolah dengan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena nilai thitung > ttabel yaitu 4,097 > 2,045 dan nilai signifikasi yang dihasilkan 0,000 < 0,05, promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena nilai thitung > ttabel yaitu 7,608 > 2,045 dan nilai signifikasi yang dihasilkan 0,000 < 0,05, dan citra perusahaan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena nilai signifikasi yang dihasilkan 0,489 > 0,05. Berdasarkan hasil uji f yang dilakukan, diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi dan citra perusahaan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah karena fhitung > ftabel atau 107,059 > 2,92. Dalam ekonomi islam menjelaskan bahwa Allah Swt. telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan berbagai praktek riba serta mengarahkan pada jalan perniagaan dengan prinsip suka sama suka. minat nasabah pengguna pembiayaan harus didasarkan prinsip kehati-hatian bila hendak melakukan transaksi utang-piutang yang memakai jangka waktu agar terhindar dari bunga atau riba. Agar terhindar dari riba, maka harus menerapkan konsep bisnis Rasulullah yakni shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra Perusahaan dan Minat Nasabah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 02:28 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 02:28 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21355 |
Actions (login required)
View Item |