STUDI DESKRIPTIF KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG DILIHAT DARI PROSES PEMBELAJARAN DAN AKTIFITAS SISWA KELAS X TAHUN AJARAN 2016/2017

RORI, SEPTIAN (2022) STUDI DESKRIPTIF KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG DILIHAT DARI PROSES PEMBELAJARAN DAN AKTIFITAS SISWA KELAS X TAHUN AJARAN 2016/2017. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1, 4, 5.pdf] PDF
Download (862kB)
[thumbnail of SEKRIPSI fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK STUDI DESKRIPTIF KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG DILIHAT DARI PROSES PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X TAHUN AJARAN 2016/2017 Oleh Rori Septian Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika yang meliputi proses pembelajaran yang terdiri perencanaan pembelajaran matematika yang disusun oleh guru matematika wajib serta matematika peminatan, pelaksanaan pembelajaran matematika, aktivitas belajar matematika serta hambatan-hambatan yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran matematika sesuai kurikulum 2013 di kelas X MIA I SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan peneliti adalah peristiwa pembelajaran matematika, responden, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung (observasi), teknik wawancara dan teknik analisis dokumen. Validitas data diperoleh melalui triangulasi penyidik, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data nonstatistik. Simpulan penelitian ini yaitu pertama, keterlaksanaan kurikulum 2013 belum optimal. Pelaksanaan pembelajaran matematika belum sepenuhnya menggunakan metode diskusi kelompok. Kedua, hambatan yang timbul dari segi guru: materi bahan ajar terlalu banyak; kesulitan guru menerapkan metode pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan media dalam setiap pembelajaran; kesulitan guru dalam memberikan penilaian di setiap pembelajaran; ketersediaan alokasi waktu yang singkat dalam satu pembelajaran serta dalam satu tahun ajaran. Segi peserta didik: kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran dengan metode diskusi, terlalu banyak tuntutan tugas dengan model penugasan yang berbeda yang harus dikerjakan peserta didik. Kata kunci: proses pembelajaran, matematika SMA, kurikulum 2013, aktivitas peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:40
Last Modified: 18 Oct 2022 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21337

Actions (login required)

View Item View Item