IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING APLIKASI GOGGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

VINA, HIDAYANTI (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING APLIKASI GOGGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Vina Hidayanti 1711010167 (4) (1) (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Pembelajaran Daring Goggle Classroom Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas VIII DI MTS Negeri 1 Bandar Lampung Oleh Vina Hidayanti Latar belakang penelitian ini adalah Problematika yang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat indoensia, yakni di berlakukannya sistem pembelajaran secara daring, tentu ini merupakan hal yang baru untuk sistem pendidikan di indonesia. Belum lagi dalam pelaksanaannya yang hampir membuat baik dari pihak sekolah, guru, sisiwa maupun orangtua memiliki masalahnya masing – masing dalam pembelajaran daring ini. Kendalanya yaitu kesulitan sinyal, fasilitas gadget siswa yang tidak sama, masih banyak siswa yang handphonenya belum mendukung belajar daring, keterbatasan kuota internet dan materi setiap pelajaran disampaikan guru kurang dapat dipahami siswa. Dengan keadaan diatas tergerak di dalam diri peneliti untuk melakukan penelitian terkait hal ini, sehingga dalam hal ini peneliti membuat penelitian yang berjudul Implementasi Pembelajaran Daring Aplikasi Goggle Classroom Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas VIII Di MTS Negeri 1 Bandar Lampung Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTS Negeri 1 Bandar Lampung melalui aplikasi Google Classroom. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Bandar Lampung. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: Konstruksi perencanaan seperti seorang guru menyiapkan sebuah RPP, download aplikasi google classroom. Pelaksanaan pembelajaran seperti sebelum kegiatan pembelajaran inti dimulai seorang guru melakukan kegiatan kabar dan absensi di media pembelajaran, kegiatan inti seorang guru mengirimkan file pdf sebagai resuman materi, penggunaan strategi seperti membaca, penggunaan alokasi waktu pembelajaran daring. Evaluasi seorang guru mengirimkan sebuah file penugasan untuk dikerjakan oleh peserta didik untuk mengetahui kemampuan dari hasil belajar yang dilakasanakan, dalam pengerjaan kegiatan evaluasi ini seorang guru memberikan sebuah batas waktu dalam pengerjaan soal yang diberikan kepada peserta didik, apabila batas waktu habis maka peserta didik tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh seorang guru pada media google classroom. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Aplikasi Goggle Classroom, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, MTS Negeri 1 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:02
Last Modified: 14 Oct 2022 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item View Item