Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis saintifik di Sman 13 Bandar Lampung

P.perkasa, P.perkasa (2017) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis saintifik di Sman 13 Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (508kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I-V.pdf]
Preview
PDF
Download (579kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (84kB) | Preview

Abstract

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik di SMAN 13 Bandar Lampung. Latar belakang penelitian ini adalah berawal untuk meningkatkan kualitas pendidik dalam pembelajaran PAI karena pembelajaran pada hakikatnya terkait interkasi antar guru dan peserta didik. Interaksi yang baik dapat digambarkan dengan adanya suatu keadaan dimana guru dapat membuat peserta didik dengan mudah, menyenangkan dan bermakna. Dalam kenyataannya guru menjelaskan materi PAI sebatas kira-kira tanpa menunjukkan fakta yang ada, selain itu guru yang dominan dalam pembelajaran dan peserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran saintifik merupakan proses ilmah, karena itu peserta didik dapat aktif dalam pembelajaran dan menemukan konsep serta prinsip pembelajaran. Sehingga pembelajaran berubah dari guru yang mendominasi pembelajaran menjadi peserta didik yang aktif dalam pembelajaran. Adapun pokok permasalahan yang akan diteliti adalah: Apakah Implemantasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Saintifik di SMAN 13 Bandar Lampung sudah diterapkan dengan baik dan benar? Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan realitas sosial dengan menerapkan berbagai teori dan konsep-konsep yang telah dikembangkan. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisisnya terdiri dari tiga langkah yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkana: 1). Dalam pembelajaran PAI menunjukkan guru telah melaksanakan proses pembelajaran melalui langkah-langkah saintifik dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan meng-komunikasikan, 2). Hasil implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis pendekatan saintifik dapat membuat peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran PAI, rasa ingin tahunya berkembang aktif, berpusat pada peserta didik, dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:50
Last Modified: 13 Nov 2017 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item View Item