Pemanfaatan media dalam pembelajaran akhlak di Sma Negeri 1 Trimurjo Lampung Tengah

Rahayu, Dewi (2017) Pemanfaatan media dalam pembelajaran akhlak di Sma Negeri 1 Trimurjo Lampung Tengah. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (581kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I-V.pdf]
Preview
PDF
Download (724kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran yang didalamnya terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut, dapat menjadi sebuah strategi untuk memudahkan dan memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga menghasilkan kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku di kehidupan sehari-hari. Manusia yang berakhlak akan dapat menghiasi dirinya dengan sifat kemanusiaan yang sempurna, menjadi pribadi manusia yang shaleh dalam arti yang sebenarnya, selalu menjaga kualitas kepribadiannya sesuai dengan tuntunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pemanfaatan media dalam pembelajaran akhlak di SMA Negeri 1 Trimurjo Lampung Tengah. Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di SMA N 1 Trimurjo dengan rumusan masalah yaitu bagaimana pemanfaatan media dalam pembelajaran akhlak di SMA N 1 Trimurjo. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis melakukan Penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis secara kualitatif, maka data diolah dengan reduksi data, penyajian dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran akhlak di SMA N 1 Trimurjo (1) guru telah melakukan persiapan sebelum menggunakan media pembelajaran (2) guru telah melakukan kegiatan pembelajaran (3) guru belum sepenuhnya melakukan kegiatan tindak lanjut sehingga siswa kurang termotivasi menerapkan pembelajaran akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Tidak diciptakannya pengalaman langsung menjadikan siswa tidak memiliki pemahaman yang utuh dalam pembelajaran akhlak, kegiatan tindak lanjut yang tidak dengan serius dilakukan dan diawasi menjadi salah satu faktor penting pemanfaatan media yang dilakukan tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:44
Last Modified: 13 Nov 2017 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item