PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS POLA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS SA TARBIYATUL ATHFAL MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR)

Hamid, M. Ali Nur (2017) PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS POLA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS SA TARBIYATUL ATHFAL MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
PDF
Download (9kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
PDF
Download (34kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (105kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (37kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (211kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (29kB) | Preview
[thumbnail of BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
PDF
Download (21kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya demoralisasi anak dan remaja semakin meningkat menjadi kegelisahan oleh berbagai pihak. Banyak prilaku anak dan remaja telah melanggar norma-norma agama, seperti: berkurangnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, menurunya semangat belajar, tindak kekereasan hubungan antar jenis yang melampui batas, gemar melihat gambar porno, pengguna narkoba. Hal ini menggugah keprihatinan dari banyak kalangan, termasuk MTs SA Tarbiyatul Atfal telah berupaya pembentukan karakter siswa yang baik untuk mengantisipasi agar demoralisasi remaja tersebut tidak terjadi ada anak-anak didikanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan karakter yang diterapkan di MTs SA Tarbiyatul Atfal, dengan sub fokus penelitian: (1) Karakter siswa MTs SA Tarbiyatul Atfal, (2) Pola pembentukan karakter siswa di MTs SA Tarbiyatul Atfal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru, dan orang tua. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakter siswa yang dikembangkan di MTs SA Tarbiyatul Atfal bersumber dari nilai-nilai yang meliputi: Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan/Religiusitas, Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama dan lingkungan, dan Nilai kebangsaan. (2) pola pembentukan karakter siswa di MTs SA Tarbiyatul Atfal diselenggarakan dengan pendekatan terpadu yang bertumpu pada tiga pilar/komponen, yaitu Pengembangan program dan kebijakan sekolah, Program pembelajaran, Kemitraan dengan wali siswa. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang berupa proposisi, (1) apabila pendidikan karakter didasarkan pada visi dan misi yang jelas, rumusan karakter dasar yang detail, prinsip-prinsip yang kuat dan metode-metode yang tepat, maka akan berjalan secara efektif dan efisien. (2) bahwa apabila pola pembentukan karakter di dasarkan pada pendekatan terpadu, dengan melibatkan peran dan tanggung jawab semua komponen pendidikan di sekolah dan peran sera orang tua di rumah, maka akan berjalan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:42
Last Modified: 02 Oct 2018 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item