IMPLEMENTASI LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Yetta, Saptaria (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dilematis yang sering terjadi dalam dunia pendidikan, khususnya peserta didik yaitu rendahnya motivasi belajar, yang mana sering kali menjadi faktor penyebab utama kegagalan peserta didik dalam mencapai prestasi yang baik. Hal itu menjadi permasalahan karena jika motivasi peserta didik itu rendah, dia akan susah untuk menguasai pelajaran yang diberikan oleh guru otomatis pretasinya akan menurun. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran, pelaksanaan, hasil dan tindak lanjut layanan dasar bimbingan dan konseling yang dilakukan terhadap peserta didik kelas IX dalam meningkatkan motivasi belajar. motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar, dan memberikan arahan kepada kegiatan belajar itu sehingga mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif maka penelitian yang penulis gagas hanya ditunjukkan untuk melukiskan, menggambarkan, atau melaporkan kenyataan-kenyataan yang lebih berfokus pada layanan dasar bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung. Data pada penelitian ini dikumpulkan mennggunakan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari guru bimbingan dan konseling dan beberapa dokumentasi pendukung. Untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik. Tingkat motivasi belajar peserta didik berbeda-beda. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di SMP al azhar 3 bandar lampung dilihat dari indikaror-indikator terkait motivasi beljar peserta didik.Hasil dari wawancara yang telah dilakukan oleh penulis maka untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan bimbingan atau layanan klasikal, yang kemudian membuat startegi bimbingan klasikal, dan kemudian mengimplementasikan strategi tersebut dalam bimbingan layanan klasikal. Maka dapat dipahami bahwa layanan dasar bimbingan dan konseling yaitu berusaha untuk memandirikan individu, diterapkan dalam program persekolahan, dan mengikuti norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Dengan dilaksanakannya bimbingan dan konseling di sekolah maka peserta didik akan mencapai perkembangannya dengan optimal. Kata kunci :Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar iv ABSTRACT The dilemma that often occurs in the world of education, especially for students, is the low motivation to learn, which is often the main factor causing the failure of students to achieve good performance. This becomes a problem because if the student's motivation is low, he will find it difficult to master the lessons given by the teacher, his achievement will automatically decrease. So this study aims to determine the description, implementation, results and follow-up of basic guidance and counseling services carried out for class IX students in increasing learning motivation. Learning motivation is the overall psychic driving force in students that causes learning activities, ensures continuity of learning, and provides direction to learning activities so as to achieve goals. This study uses a qualitative approach, this type of research is a was descriptive research, so the research that the author initiated is only was shown to describe, describe, or report facts that focus more on basic guidance and counseling services by guidance and counseling teachers in increasing students' learning motivation in SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung. The data in this study was were collected using data collection techniques from observation, interviews and documentation sourced from guidance and counseling teachers and some supporting documentation. To check the validity of the data, the researchers used triangulation techniques. The level of learning motivation of students is different. Based on the results of interviews and observations conducted at SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung seen from indicators related to student learning motivation. make classical guidance strategies, and then implement these strategies in classical guidance services. So it can be understood that the basic services of guidance and counseling are trying to make individuals independent, applied in school programs, and following the norms that apply in the community. With the implementation of guidance and counseling in schools, students will achieve optimal development. Keywords: Basic Services Of Guidance and Counseling, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:49
Last Modified: 11 Oct 2022 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21272

Actions (login required)

View Item View Item