PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SHALAT ZUHUR PESERTA DIDIK SMP YASMIDA AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU

Firda, Hoirunisa (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SHALAT ZUHUR PESERTA DIDIK SMP YASMIDA AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Firda Hoirunisa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peran Guru PAI untuk menghasilkan siswa berilmu dan berkarakter mulia harus sangan kuat terutama peran guru pendidikan agama Islam, harus lebih ekstra keras dalam mendidik, membimbing dan mengarahkan dari pada guru mata pelajaran lain guna menumbuhkan kesadaran jiwa keberagamaan siswa. atau sebagai stimulasi internal siswa dalam pengamalan ibadah shalat, karena peran guru PAI disini sangat diperlukan untuk membantu membimbing dan mengarahkan serta memberikan contoh untuk siswa-siswi untuk membangun kepribadian mereka, terutama pembinaan pengamalan shalat secara intensif sehingga siswa akan terbiasa dengan perilaku dan kebiasaan baik. Berdasarkan uraian di atas penulis berkeinginan untuk mengadakan penelitian tentang “Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan shalat zuhur peserta didik di SMP Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah shalat fardu peserta didik SMP Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu ? Dan Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam pengamalan ibadah shalat fardu peserta didik SMP Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu? Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengemukakan bahwa peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah shalat zuhur peserta didik SMP Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu yaitu guru sebagai pengajar, pembimbing, pengawas dan teladan. Selain itu guru Pendidikan Agama Islam berperan dalam memberikan motivasi, nasehat, membiasakan shalat berjamaah, menegakkan kedisiplinan, dan memberikan motivasi supaya peserta didik mengamalkan ibadah shalat. Faktor pendukung dalam pengamalan ibadah shalat fardu peserta didik adalah Sarana dan prasarana yang memadai. Pemberian motivasi Kepala sekolah memberi kepercayaan kepada Guru Pendidikan Agama Islam dalam menjalankan perannya sebagai guru iv Pendidikan Agama Islam, sekolah mengeluarkan tata tertib yaitu menjalankan absensi kehadiran shalat, dan kerjasama antar ekstrakulikuler rohani islam yang menyiapkan wadah untuk peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor lingkungan, kurangnya kerja sama antara guru dan orang tua dalam pengamalan ibadah shalat zuhur peserta didik ketidakikut sertaan beberapa kelompok siswa dan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pentingnya ibadah shalat. Kata kunci : Peran, Guru PAI, Ibadah, Shalat Zuhur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:29
Last Modified: 03 Oct 2022 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item