PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP KAPASITAS FISKAL DI KABUPATEN PRINGSEWU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2011-2020

FERLI, ADI ATMOKO (2022) PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP KAPASITAS FISKAL DI KABUPATEN PRINGSEWU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2011-2020. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FERLI ADI ATMOKO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak adanya sistem desentralisasi, pemerintah daerah dapat mengatur dan mengalokasikan secara mandiri penerimaan daerah dalam pengelolaan kewenangannya. Kemandirian daerah dapat dicerminkan melalui kapasitas fiskal daerah dan di gambarkan dalam peta kapasitas fiskal dalam bentuk indeks (IKF). Kemandirian suatu daerah dapat pengaruhi oleh pendapatan asli daerah karena semakin besar pendapatan suatu daerah akan semakin baik dalam mengelolah rumah tangga daerah dan meningkatkan perekonomian daerah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dengan pendekatan deskriptif menggunakan data time series. Populasi pada penelitian ini adalah data yang dikumpulkan dari jangka waktu yaitu pajak daerah, retribusi daerah dan PDRB yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung pada tahun 2011-2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 10 tahun dari tahun 2011-2020. Sampel yang diambil adalah data Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Produk Domestik Regional Bruto, dan Kapasitas Fiskal. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program komputer Spss Statistics20. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu, pajak daerah, retribus daerah, dan produk domestik regional bruto sedangkan variabel dependen yaitu kapasitas fiskal. Kesimpulan dalam penelitian menyatakan bahwa secara parsial pajak daerah tidak berpengaruh signifikan dan negative terhadap kapasitas fiskal, retribusi daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap kapasitas fiskal dan produk domestik regional bruto berpengaruh signifikan terhadap kapasitas fiskal. Sedangkan secara simultan, pajak daerah, retribusi daerah, dan produk domestik regional bruto berpengaruh signifikan terhadap kapasitas fiskal. Kata Kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Produk Domestik Regional Bruto, Kapasitas Fiskal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 06:47
Last Modified: 03 Oct 2022 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item