PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN PRODUK EKONOMI KREATIF DI ERA DIGITAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada UMKM Assyafa Batik Tulis Lampung Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung)

TRI, MERDAWATI (2022) PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN PRODUK EKONOMI KREATIF DI ERA DIGITAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada UMKM Assyafa Batik Tulis Lampung Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan permasalahan kemampuan Sumber Daya Manusia dalam sebuah usaha yang masih memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan perkembangan digital dalam menjalankan kegiatan usaha . Dimana SDM belum terlalu menguasai bagaimana perkembangan media sosial dalam metode pemasaran yang sedang tranding hampir diseluruh kalangan masyarakat dan memiliki peluang yang besar terhadap penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan produk UMKM Ekonomi Kreatif di era digital, pada UMKM Assyafa Batik Tulis Lampung, kelurahan Pinang Jaya Kecamatan Kemiling, dimana dengan SDM yang memiliki kreatifitas tinggi akan menghasilkan produk yang sangat baik dan berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi yang ada dalam penelitian ini yaitu 14 orang karyawan dan 1 pemilik dari UMKM, dan sampel yang digunakan yaitu 1 orang yang merupakan pemilik dari UMKM Assyafa Batik Tulis Lampung yaitu ibu Sulastri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran manajemen sumber daya manusia di UMKM Assyafa Batik dalam pengembangan produk ekonomi kreatif dapat dikatakan telah berhasil, dibuktikan dengan berkembangnya produk yang diproduksi telah banyak digunakan oleh kalangan instansi pemerintahan dan masyarakat menengah atas, dengan ini SDM juga telah memiliki kekreatifitasan dalam pengembangan produk di era digital dengan cara memanfaatkan media social, sehingga hasil produk dapat dikenal secara luas oleh peminat batik. Menurut perspektif Ekonomi Islam UMKM Assyafa Batik telah menerapkan nilai-nilai dasar ekonomi islam yaitu amanah, jujur dan adil serta telah menerapkan sikap tanggung jawab dalam usahanya. Sehingga membuat para konsumen mempercayai Assyafa Batik sebagai salah satu rekomendasi dalam membeli kain batik, dan juga dalam menjalani usahanya Assyafa Batik tidak merugikan pihak manapun baik dari pengelola, pengrajin, dan konsumen mendapatkan hak nya dengan sesuai. Kata Kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia (SDM), Produk, Ekonomi Kreatif, Era Digital, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 06:29
Last Modified: 03 Oct 2022 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21159

Actions (login required)

View Item View Item