PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI PAUD SERUNI SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

FIBI, UTAMI PUTRI (2022) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI PAUD SERUNI SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Disiplin pada anak usia dini adalah suatu pengendalian diri terhadap perilaku anak usia 0-6 tahun dalam berprilaku sesuai dengan ketentuan yang berlaku (bisa berupa tatanan nilai, norma, dan tata tertib dirumah dan di sekolah. Penanaman perilaku disiplin pada anak di dalam kelas berupa menyimpan sepatu pada rak sepatu, menyimpan tas pada loker masing-masing, membereskan tempat mainannya, masuk kelas tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, berbaris dengan rapi sebelum masuk ke kelas. Masih ada diantara mereka yang belum memiliki sikap disiplin yang baik seperti membuang sampah sembarangan, belum mampu meletakakan maianan pada tempatnya, dan juga masih ada yang meletakkan sepatu sembarangan. Disamping itu dalam meningkatkan kedisiplinan anak usia dini berperan sebagai pembimbing dan pelatih. Tulisan ini bermaksud untuk membahas peran guru dalam mengembangkan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di PAUD Seruni Sukarame kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah penelitian kualitatif deskriftif, subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang anak, dan guru yang mengajar di PAUD Seruni Sukarame Kota Bandar Lampung. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menanamkan sikap disiplin anak yaitu dengan peran guru sebagai pembimbing dan pelatih. Sebagai pembimbing disini guru memberikan teladan atau contoh yang baik dalam bersikap disiplin seperti disiplin saat masuk kelas dengan tepat waktu, berpakaian rapi, mengucapkan salam sebelum masuk dan keluar kelas, dan disaat kegiatan guru membimbing atau mengarahkan anak untu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membimbing anak menyimpan tas dan sepatu pada lokernya masing-masing. Sedangkan sebagai pelatih guru melatih anak untuk terbiasa membereskan mainannya, membiasakan anak untuk berdoa sebelun dan sesudah belajar, membiasakan anak untuk merapikan tempat duduk sebelum dan sesudah belajar, serta melatih anak untuk memiliki sifat sabar seperti sabar dalam menunggu giliran saat masuk dan keluar kelas. Kata Kunci : Peran Guru, Disiplin anak. iii ABSTRACT Discipline in early childhood is a self-control of the behavior of children aged 0-6 years in behaving in accordance with applicable regulations (can be in the form of values, norms, and rules at home and at school. Instilling disciplined behavior in children in the classroom is in the form of saving shoes on the shoe rack, storing bags in their respective lockers, tidying up their toys, entering class on time, throwing trash in its place, lining up neatly before entering class. There are still some of them who do not have good discipline, such as littering. , have not been able to put toys in their place, and there are also those who put shoes carelessly. Besides that, in improving early childhood discipline, they act as mentors and trainers. This paper intends to discuss the role of teachers in developing discipline for children aged 5-6 years at PAUD Seruni Sukarame city of Bandar Lampung. The method used in this research is descriptive qualitative research, the subjects dalam in this study are children aged 5-6 years, totaling 2,500 children, and teachers who teach at PAUD Seruni Sukarame, Bandar Lampung City. Data collection techniques in this study used interview, observation and documentation techniques. Data analysis uses data reduction, data presentation, conclusion and verification. To test the validity of the data, researchers used source triangulation techniques. Based on the results of the study, it can be concluded that the teacher's role in instilling discipline in children is the teacher's role as a mentor and coach. As a mentor here the teacher provides a good example or example in being disciplined such as being disciplined when entering class on time, dressing neatly, greeting before entering and leaving class, and when teacher activities guide or direct children to wash their hands before and after eating, guide children keep their bags and shoes in their lockers. Meanwhile, as a trainer, the teacher trains children to get used to tidying up their toys, accustoms children to pray before and after learning, accustoms children to tidying their seats before and after learning, and trains children to have patient traits such as being patient in waiting their turn when entering and leaving class. Keywords: Teacher's Role, Children's Discipline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:18
Last Modified: 03 Oct 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item View Item