PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SLTP N 1 PARDASUKA KECAMATAN PARDASUKA TIMUR KABUPATEN PRINGSEWU

Auliyan, Dimas (2017) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SLTP N 1 PARDASUKA KECAMATAN PARDASUKA TIMUR KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran PAI di SMP Negeri penerapannya masih menunjukan berbagai permasalahan, Salah satu kegiatan yang harus guru lakukan adalah menentukan metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Tetapi banyak guru yang tidak menentukan metode yang dipakai sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Begitu juga yang terjadi di SLTP Negeri 1 Pardasuka, nilai hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VII masih banyak yang belum memenuhi KKM sekolah, hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, sehingga pembelajaran tidak mengarahkan peserta didik untuk belajar aktif. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik yakni dengan menerapkan salah satu Strategi Pembelajaran yang aktif yaitu Strategi active learning tipe Everyone is a teacher hero dapat diterapkan. Metode Everyone is a teacher here bukan hanya sekedar metode pembelajaran tetapi juga suatu metode berfikir. Pada dasarnya tujuan akhir pembelajaran adalah menghasilkan peserta didik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkankanlatar belakang diatas selanjutnya penulis merumuskan masalah sebagai berikut: apakah melalui penerapan strategi Active learning tipe Every one is a teacher dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII di SLTP N 1 Pardasuka? Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan menerapkan strategi Active learning tipe Every one is teacher here. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas jenis kolaboratif yang dianalisis secara deskriftif kualitatif melalui dua siklus tindakan. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi dan tes. Sebagai metode pokok observasi digunakan untuk mengukur indikator kerja setiap siklus dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didiksetelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan metode Every one is a teacher here. Sedangkan metode interview, dan dokumentasisebagai metode pelengkap. Hasil penelitian menunjukakan bahwa penerapan metode Every one is a teacher here mampu meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik yaitu 65,62 % pada siklus pertama menjadi 87,5% pada siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Every one is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII A di SLTP N 1 Pardasuka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Nov 2017 06:48
Last Modified: 13 Nov 2017 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item