STUDI KOMPARASI ANTARA PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG PENDIDIKAN KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK

Hariana, Ita (2017) STUDI KOMPARASI ANTARA PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG PENDIDIKAN KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (65MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK STUDI KOMPARASI ANTARA PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG PENDIDIKAN KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK OLEH: ITA HARIANA Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran atau pendewasaan anak sehingga otak dan pemikirannya berkembang. Untuk itu pendidikan menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Namun dewasa ini, walaupun sebagian besar anak-anak mengenyam pendidikan baik di sekolah maupun di masyarakat, seringkali kejadian-kejadian buruk tetap terjadi seperti tawuran, narkoba, perzinahan, dan lain sebagainya. Itu terjadi karena nilai moral yang rendah dan pemahaman agama yang dangkal. Oleh karena itu, pendidikan agama juga dinilai sangat penting untuk menjadikan akhlak seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, yang menjadi pertanyaan adalah, Bagaimana konsep pendidikann Keagamaan pada anak-anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan zakiah Daradjat? Kemudian apa persamaan dan perbedaan Konsep Pendidikan Keagamaan pada anak-anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan zakiah Daradjat? Penelitian ini merupakan penelitian Pustaka (Library Research) yaitu mengumpulkan data yang terdapat dalam buku-buku di perpustakaan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan dalam penyajian datanya digunakan metode deskriptif analisis. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat, diantaranya yaitu mereka mengaitkan materi pendidikan dengan berbagai tanggung jawab orang tua atau pendidik lainnya seperti guru. Kemudian metode pendidikan yang memiliki kesamaan yaitu metode penerapan keteladanan dan metode pendidikan dengan adat kebiasaan. Sementara itu perbedaan pemikiran terdapat pada penerapan metode pendidikan dengan memberikan hukuman, di mana Nashih Ulwan melegalkan hukuman dalam pendidikan agama, sedangkan Zakiah Daradjat tidak menerapkan pendidikan hukuman kekerasan dalam mendidik anak. Kata kunci : Studi komparasi pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Nov 2017 06:50
Last Modified: 13 Nov 2017 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item