PENGARUH MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN HADIS DI MAN 1 TANGGAMUS

AJUMYATI, Maryanik (2022) PENGARUH MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN HADIS DI MAN 1 TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1-2, DAPUS.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pemikiran bahwa kemampuan intelektual yang diukur melalui tes IQ sangatlah terbatas, karena tes IQ hanya menekan pada kemampuan logika (matematika) dan bahasa. Padahal setiap orang mempunyai cara yang unik untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapinya. Kecerdasan bukan hanya dilihat dari nilai yang diperoleh seseorang. Kecerdasan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat suatu masalah, lalu menyelesaikan masalah tersebut atau membuat sesuatu yang dapat berguna bagi orang lain. Kecerdasan majemuk, sebenarnya merupakan fungsi dari dua belahan otak manusia, yakni otak kanan dan otak kiri. Otak kiri memiliki kemampuan dan potensi untuk memecahkan masalah problem matematik, logis dan fenomenal. Sedangkan otak kanan memiliki kemampuan untuk merespons hal-hal yang bersifat kualitatif, artistic dan abstrak, tetapi tetap harus diingat bahwa ini semua masih dalam kerangka kemampuan terhadap dunia luar. Dengan kata lain seseorang mampu menyelesaikan suatu permasalahan didalam dunia pendidikan tidak hanya dengan IQ atau intelektual saja, tetapi bisa dengan menggunakan tipe kecerdasan yang lain. Sehingga bisa dikatakan bahwa semua anak yang sedang melakukan proses belajar mengajar memiliki kepintaran, tetapi tipe kepintaran nya lah yang membedakan mereka. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh multiple intelligences terhadap hasil belajar al-quran hadis di MAN 1 Tanggamus, dan juga untuk mengetahui tipe tipe kecerdasan setiap siswa serta mengetahui cara atau proses pembelajaran yang menyenangkan. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Penelitian survey termasuk kedalam penelitian yang sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari responden sebagai sampel penelitian, dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrument pengumpulan data. Didalam penelitian ini juga menggunakan tipe penelitian penjelasan (eksplanatory research). Teknik sampling yang digunakan dalam iii penelitian ini adalah simpel random sampling. Untuk mengukur besaran sampel yang akan diteliti peneliti menggunakan rumus Slovin, dimana rumus ini mampu mengukur besaran sampel yang akan diteliti. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner/ angket untuk mengukur multiple intelligences dan dokumentasi berupa nilai ujian tengah semester (UTS) sebagai hasil belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 83,17 pada nilai akhir diperoleh sig. = 0,000, sehingga Sig. = 0,000 < 0,05, dengan begitu dapat dikatakan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Multiple Intelligences Terhadap Hasil BelajarAl-Quran Hadis Di MAN 1 Tanggamus. Kata kunci : Multiple Intelligences, Hasil Belajar, Al-Quran Hadis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:35
Last Modified: 29 Sep 2022 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item