MENINGKATKAN SIKAP EMPATI PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DI MTs NURUL ISLAM JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

SINDY, FITRIYANI (2022) MENINGKATKAN SIKAP EMPATI PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DI MTs NURUL ISLAM JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini masih menjadi masalah bagi tenaga pendidik adalah rendahnya rasa empati peserta didik, tenaga pendidik menilai secara mayoritas peserta didik masih kurang dalam rasa empati terhadap lingkungan maupun teman sekelasnya. Contoh yang paling mencolok yakni peserta didik cenderung memiliki kelompok-kelompok (geng) sendiri dalam kelas. Jadi saat penentuan anggota kelompok belajar para peserta didik cenderung ingin menentukan kelompok belajar sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap empati peserta didik melalui layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama kelas VIII MTs Nurul Islam Jati Agung dan mengetahui problematika empati peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini menggunakan PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan teknk sosiodrama. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melalui obervasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru BK dan peserta didik MTs Nurul Islam Jati Agung. Hasil penelitian ini pada siklus I kegiatan untuk meningkatkan sikap empati melalui konseling kelompok dengan teknik sosiodrama, peserta didik menunjukkan bahwa adanya perubahan, meskipun pada awalnya peserta didik banyak yang cuek dan cenderung kurang respek terhadap materi yang diberikan maupun dengan peneliti. Tetapi dengan menggunakan teknik sosiodrama peserta didik kemudian tertarik untuk mengikuti dengan baik. Skor kuesioner yang dilakukan pada test pertama menujukkan hasil 59,69. Siklus II menunjukkan kegiatan untuk meningkatkan sikap empati melalui konseling kelompok dengan teknik sosiodrama, peserta didik menunjukkan bahwa adanya perubahan yang signifikan. Peserta didik banyak yang sudah menunjukkan perubahan dan juga sudah banyak memahami apa itu empati dan bagaimana dalam penerapannya. Pada nilai test yang kedua sikap empati meningkat menjadi 72,66. Siklus III ini peserta v didik sudah sangat memahami bagaimana melakukan sikap empati. Kuesioner yang diberikan kepada peserta didik juga sudah menunjukan hasil yang sangat signifikan, dengan menunjukkan hasil 87,20. Adapun sikap empati yang dapat ditingkatkan dengan sosiodrama yaitu mendengarkan dengan seksama apa yang di ceritakan orang lain dan mengetahui bagaimana perasaannya, apa yang terjadi pada dirinya, menyusun kata-kata yang sesuai untuk menggambarkan perasaan dan situasi orang tersebut Kata kunci: Konseling Kelompok, Sikap Empati, Sosiodrama vi ABSTRACT Currently, the problem for educators is the lack of empathy for students, educators assess that the majority of students are still lacking in empathy for the environment and their classmates. The most striking example is that students tend to have their own groups (gangs) in class. So when determining the members of a study group, students tend to want to determine their own study group. This research aims to determine the empathy attitude of students through group counseling services with sociodrama techniques for class VIII MTs Nurul Islam Jati Agung and to find out that students' empathy problems can be improved by using group counseling with sociodrama techniques. This type of research uses PTBK (Guidance and Counseling Action Research) with sociodrama technique. This research consists of 3 cycles and each cycle includes planning, implementation, observation, and reflection activities. Data collection techniques used in this study by means of observation, interviews, documentation and questionnaires. The research subjects in this study were BK teachers and students of MTs Nurul Islam Jati Agung. The results of this study in the first cycle of activities to increase empathy through group counseling with sociodrama techniques, students showed that there was a change, although at the beginning many students were ignorant and tended to lack respect for the material provided and with researchers. But by using the sociodrama method as a medium, students are then interested in following it well. The score of the questionnaire conducted on the first test showed the result of 59.69. Cycle II shows activities to increase empathy through group counseling with sociodrama techniques, students show that there is a significant change. Many students have shown changes and also have a lot to understand what empathy is and how to apply it. In the second test value, empathy increased to 72.66. In Cycle III, students really understand how to do empathy. The questionnaire given to students has also shown very significant results, showing results of 87.20. As for tehe attitude of empathy that can improved with sociodrama, namely listening carefully to what vii other people tell and knowing how they feel, what is happening to them, arranging appropriate words to describe the person’s feeling and situation. Keywords: Empathy, Group Counseling, Sociodrama

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:47
Last Modified: 29 Sep 2022 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21067

Actions (login required)

View Item View Item