PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU POWTOON DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GADINGREJO

WASIYAH, SUGIYATI (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU POWTOON DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GADINGREJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Wasiyah Sugiyati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU POWTOON DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GADINGREJO Oleh: WASIYAH SUGIYATI Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan pendidik dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran karena dengan adanya media pembelajaran pendidik sangat terbantu dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan instrumen berupa alat, perangkat ataupun cara sehingga pesan yang ingin disampaikan mampu dengan mudah ditangkap oleh peserta didik. Powtoon merupakan perangkat lunak animasi dimana berbasis web sehingga pengguna dapat membuat presentasi dalam bentuk animasi. Powtoon memiliki kelebihan dibandingkan PowerPoint karena memiliki banyak pilihan animasi serta tampilan presentasi jauh lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Powtoon dengan pendekatan kontekstual pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dari beberapa ahli, dengan persentase dari validator media sebesar 95% dengan kriteria ―Sangat Layak‖ , dan ahli materi sebesar 96% dengan kriteria ―Sangat Layak‖. Berdasarkan hasil uji coba terbatas kepada 10 orang peserta didik memperoleh persentase 92% dengan kriteria ―Sangat Menarik‖, sedangkan untuk uji coba secara luas kepada 30 peserta didik memperoleh persentase sebesar 92% kriteria ―Sangat Menarik‖. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video berbantu Powtoon dengan pendekatan kontekstual pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII dapat digunakan sebagai sumber media pendamping pada mata pelajaran IPA peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa berfokus pada pendidik, serta peserta didik dapat belajar dimana saja dan kapan saja tidak terbatas oleh waktu dan tempat. Kata Kunci: Video pembelajaran, Powtoon, Pendekatan Kontekstual iii ABSTRACT DEVELOPMENT OF POWTOON-BASED LEARNING VIDEOS WITH A CONTEXTUAL APPROACH TO CLASS VII ENVIRONMENTAL POLLUTION MATERIAL AT SMP NEGERI 2 GADINGREJO Oleh: WASIYAH SUGIYATI Learning media is a tool used by educators in determining the success of the learning process because with the existence of learning media, it is very helpful for educators to be able to convey learning material using instruments in the form of tools, devices or methods so that the message to be conveyed can be easily captured by students. Powtoon is an animation software which is web-based so that users can create presentations in the form of animation. Powtoon has advantages over PowerPoint because it has many animation options and the presentation looks much more alive. This study aims to determine the development and feasibility of Powtoon learning media with a contextual approach to environmental pollution material. This research is a type of Research and Development (R&D) research using the Borg and Gall model. Based on the research results obtained from several experts, the percentage of media validators is 95% with the "Very Eligible" criteria, and material experts is 96% with the "Very Eligible" criteria. Based on the results of the limited trial to 10 students, the percentage was 92% with the "Very Interesting" criteria, while for the broad trial to 30 students, the percentage was 92% with the "Very Interesting" criteria. Based on the results of this study, it can be concluded that Powtoon-based video learning media with a contextual approach to environmental pollution material in class VII can be used as a source of companion media in science subjects, students can learn independently without focusing on educators, and students can learn anywhere. and at any time not limited by time and place. Keywords: Learning video, Powtoon, Contextual Approach

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:23
Last Modified: 27 Sep 2022 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item