PENGARUH PROFESIONALITAS DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MTS PLUS WALISONGO KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Habidhi, Al (2017) PENGARUH PROFESIONALITAS DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MTS PLUS WALISONGO KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 1.TESIS_cover_Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2.Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 3.BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (704kB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8._Kuesioner.pdf]
Preview
PDF
Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 9._HASIL_VALIDITAS_OKK.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
PDF
Download (10kB) | Preview

Abstract

Profesionalitas dan motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pembelajran efektif. Guru yang memiliki profesionalitas yang baik akan mampu merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif. Dengan memiliki motivasi yang tinggi, guru akan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan penuh semangat, kinerja yang baik, serta sungguh-sungguh, yang kemudian akan melahirkan suatu kegiatan pembelajaran yang efektif. Akan tetapi berdasarkan observasi awal peneliti di MTs Plus Walisongo Lampung Utara ditemukan fenomena bahwa walaupun profesionalitas guru cukup baik, Motivasi kerja guru juga cukup tinggi,akan tetapi kegiatan pembelajarannya kurang efektif, seperti : siswa banyak yang bermalas-malasan ketika belajar dikelas, ketika diberikan tugas sebagian besar para siswa mengerjakannya tidak dengan sungguh-sungguh, kegiatan pembelajaran nya lebih terfokus pada gurunya, dan siswa di kelas lebih bersifat pasif. Karena itu peneliti tertarik meneliti lebih lanjut mengenai “Pengaruh Profesionalitas dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Pembelajaran Efektif Di MTs Plus Walisongo Lampung Utara” Permasalahan dalam penelitian ini adalah :1) Apakah Terdapat pengaruh profesionalitas guru terhadp pembelajaran efektif ?, 2) Apakah Terdapat pengaruh motivasi kerja guru terhadap pembelajaran efektif ?, dan 3) Apakah Terdapat pengaruh profesionalitas dan motivasi mengajar guru secara bersama-sama terhadap pembelajaran efektif ?. dan tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui : 1) ada tidak nya pengaruh profesionalitas guru terhadap pembelajaran efektif, 2) ada tidaknya pengaruh motivasi kerja guru terhadap pembelajaran efektif, 3) ada tidaknya pengaruh profesionalitas dan motivasi kerja guru terhadap pembelajran efektif. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena seluruh jumlah populasi dijadikan sampel penelitian yaitu 25 orang guru MTs Plus Walisongo Lampung Utara dengan teknik oengambilan sampel nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi sederhana serta regresi ganda yang dalam perhitungannya menggunakan dua cara yaitu manual dan menggunakan aplikasi program SPSS 13.0. Hasil dari analisis data adalah : Seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini telah teruji atau diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan profesionalitas dan motivasi kerja guru terhadap pembelajaran efektif. Karena berdasarkan uji keberartian koefesien korelasi dan persamaan regresi nilai r lebih kecil dari pada tingkat α yang digunakan yaitu 0,05 atau 0,000<0,05, yang berarti Terdapat pengaruh yang signifikan profesionalitas dan motivasi kerja guru terhadap pembelajaran efektif. Pengaruh profesionalitas guru terhadap pembelajaran efektif sebesar 0,842 atau 70,90%. Pengaruh motivasi kerja guru terhadap pembelajaran efektif sebesar 0,816 tau 66,60% sedangkan hasil perhitungan regresi ganda (Y) adalah 11.309. dengan demikian dapat dijelaskan bahwa jika profesionalitas dan motivasi kerja guru meningkat 11.309 maka akan diikuti dengan peningkatan efektifitas pebelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Nov 2017 04:24
Last Modified: 13 Nov 2017 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item