IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MA AL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG

Purnamasari, Nurul (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MA AL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG. [Image]

[thumbnail of Skripsi_Arab_lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (43MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MA AL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG Oleh: Nurul Purnamasari Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X MA Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung, serta faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut. Penelitian ini menjadi tolak ukur dalam mengembangkan Kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab serta meningkatkan keberhasilan proses belajar bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan mengambil objek di MA AL-Hikmah Kedaton Bandar Lampung. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru bahasa Arab, dan siswa kelas X. Analisis data dilakukan dengan cara induktif yaitu penganalisaan data yang bertitik tolak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian disimpulkan secara umum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X MA Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan, guru sudah menyiapkan silabus dan RPP yang sesuai denga Kurikulum 2013. Dalam proses pelaksanaan, sudah sesuai dengan Kurikulm 2013, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah (Scintific Approach) sebagaimana dimaksud meliputi: mengamati, menanya, exsperimen, asosiasi, komunikasi. Sedangkan pada proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan dalam proses evaluasi, guru sudah menggunakan penilaian autentik (Aunthentic Assesment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik atas tiga ranah yang dinilai, yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. (2) Faktor yang mempengaruhi implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X MA Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung ada tiga faktor: Yang pertama faktor guru, kedua faktor peserta didik, ketiga faktor sarana dan prasarana. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran bahasa Arab Kelas X, MA Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung

Item Type: Image
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 03 Mar 2017 07:35
Last Modified: 03 Mar 2017 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item