PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

IHWANI, ARIFIN (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Ihwani MPI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneskripsikan Madrasah sebagai sebuah lembaga pendidikan yang menyediakan pembelajaran dalam pengetahuan agama Islam kepada seluruh murid. Keberhasilan madrasah dalam memberikan pendidikan tak terlepas dari peran kepala madrasah dan tenaga pengajar. Kepala Sekolah sebagai supervisor berperan penting dalam setiap pelaksanaan dan kegiatan belajar, supervisor menjadi penentu kualitas dari seorang guru untuk mengkoordinasi dan membimbing para murid untuk mengembangkan potensi yang dimilki. Peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu dengan membantu guru merencanakan program supervisi pendidikan, melaksanakan supervisi kepada guru dengan memberikan arahan serta masukan yang membangaun dan melaksanakan kegitan evaluasi hasil supervisi pendidikan yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kelapa madrasaha sebagai supervisor dalam meningkatkan profesinalisme guru di MIN 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Metode pengumpulan data penulis mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subjeknya yaitu kepala sekolah dan guru, Kemudian dianalisis menggunakan analisis data disajikan dalam bentuk karya tulis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepala madrasah telah melaksanakan tugasnya sebagai supervisior yang dimuat dalam bentuk rancangan program, pelekasanaan dan evaluasi. Dari hasil pelaksanaan supervisi kepala madrasah terhadap guru sudah sesui dan berhasil bisaa dilihat dari indikator prestasi sekolah dan para murid. Adapun pelaksanaan kegiatan supervisis Seperti Membimbing Guru Memilih Metode Mengajar, Mengarahkan Guru Memilih Bahan Ajar, Mengadakan Kunjungan Kelas, Mengarahkan Penyusunan Silabus Pada Ajaran baru, Menyelenggarakan rapat Rutin Untuk Evaluasi, Menyelenggarakan kegiatan seminar dan workshop, menyelengarakan kegitaan ekstakulikuler yang lebih terpadu, membantu para guru iv menyusun metode ajar seperti menentukan metode apa yang akan di pakai guru dan memberikan bantuan terhadap penguasaan materi, karena pada dasarnya kepala sekolah hanya membimbing dan mengarahkan. Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor, Meningkatkan Profesionalisme Guru v ABSTRACT Oleh: Ihwani Arifin This study aims to describe Madrasas as an educational institution that provides learning in Islamic religious knowledge to all students. The success of madrasas in providing education cannot be separated from the role of the principal and teaching staff. The principal as a supervisor plays an important role in every implementation and learning activity, the supervisor is a determinant of the quality of a teacher to coordinate and guide students to develop their potential. The role of the head of the madrasa as a supervisor is to help teachers plan educational supervision programs, carry out supervision to teachers by providing constructive direction and input and carry out evaluation activities for the results of educational supervision that have been carried out. This study aims to determine the role of coconut madrasa as a supervisor in improving teacher professionalism at MIN 2 Bandar Lampung. This type of research is qualitative research or field research which aims to find out a systematic, factual, and accurate description of the facts, characteristics and relationships between the phenomena being investigated. Data collection methods the author uses interviews, observation, and documentation. With the subject, namely the principal and teacher, then analyzed using data analysis presented in the form of a written paper. The conclusion of this study is that the head of the madrasa has carried out his duties as a supervisor which is contained in the form of program design, implementation and evaluation. From the results of the implementation of the supervision of the principal of the madrasa to the teacher, it is appropriate and successful, it can be seen from the indicators of school and student achievement. The implementation of supervisory activities such as Guiding Teachers to Choose Teaching Methods, Directing Teachers to Choose Teaching Materials, Conducting Class Visits, Directing the Preparation of Syllabus for New vi Teachings, Holding Routine Meetings for Evaluation, Organizing seminars and workshops, organizing more integrated extracurricular activities, helping teachers compiling teaching methods such as determining what method the teacher will use and providing assistance in mastering the material, because basically the principal only guides and directs. Keywords: The Role of the Head of Madrasa as Supervisor, Improving Teacher Professionalism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:04
Last Modified: 26 Sep 2022 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20976

Actions (login required)

View Item View Item