IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUI SMART SCHOOL LAMPUNG BERJAYA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MERAKSA AJI TULANG BAWANG

A. SAZILLI, MUSTOFA (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUI SMART SCHOOL LAMPUNG BERJAYA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MERAKSA AJI TULANG BAWANG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover s.d Bab II + Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Tesis Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan faktor fundamental bagi eksistensi bangsa dan negara. Pendidikan dalam sudut pandang Islam memiliki dua sisi yakni: memperoleh pengetahuan intelektual, dan mengembangkan spiritual. setiap dimensi pendidikan haruslah harus dibuat sama pentingnya bagi kedua sisi tersebut. Wabah virus Corona menyebabkan berbagai ketidakseimbangan dan menghambat seluruh aktivitas masyarakat. Sehingga, pemerintah mengeluarkan kebijakan penutupan umum lockdown, yang pada gilirannya juga mendorong penutupan sektor pendidikan. Untuk itu, ketersediaan teknologi merupakan faktor penting bagi keberhasilan sebuah pembelajaran berbasis daring atau e-learning. Dalam situasi yang problematik tersebut, penulis dalam hal ini, mengadakan penelitian terkait implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Smart School Lampung Berjaya yang berlokasi di Sekolah Mnengan Atas Negeri 1 (SMAN 1) Meraksa Aji Tulang Bawang yang berlangsung selama selama 8 bulan yang dimulai sejak bulan Januari 2021 sampai bulan Agustus 2022. Adapun jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yakni penelitian yang menggambarkan keadaan yang sudah dan/atau sedang terjadi. Sumber data pada penelitian ini ialah informan sebanyak 64 orang yang meliputi Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, staf Kepala Madrasah dan Seluruh dewan guru serta para peserta didik. Selain itu, guna verifikasi data yang ada penulis juga mencari bahan informasi dan data dari dokumen sekolah yang berhubungan dengan implementasi pembelajaran yang berlangsung selama ini. Adapun dalam hal pemerolehan ataupun pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data antara lain: Metode Observasi, dan, Dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, penulis menggunakan teknik Triangulasi. Penelitian ini menghasilkan temuan antara lain: Terdadaat aspek-aspek penting yang kiranya perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran Agama Islam melalui sarana belajar Smart School Lampung Berjaya, yakni: Kuatnya dorongan atau motivasi dari guru kepada peserta didik secara berkesinambungan; Adanya pemberian reward ataupun imbalan bagi peserta didik yang unggul; Terselenggaranya penguatan nilai kearifan; Guru memiliki perhtian lebih terhadap perilaku peserta didiknya. Secara keseluruhan media ataupun sarana belajar Smart School Lampung Berjaya, dalam hal ini, sangat membantu guru bidang studi mata pelajaran pendidikan agama Islam, khususnya, dalam menyelenggarakan proses belajar-mengajar agar lebih efektif. Dengan memanfaatkan sarana Smart School Lampung Berjaya pengelolaan pembelajaran pun dapat berjalan dengan baik serta kian efektif dan efisien, menyenangkan, dan akhirnya para peserta didik pun menjadi lebih termotivasi, sehingga mereka antusias untuk mengikuti pembelajaran. Berangkat dari proses analisis yang cukup mendalam, implementasi sarana pembelajaran Smart School Lampung Berjaya tersebut menunjukkan dampak yang efektif baik. Ada beberapa tantangan dalam mengimplemetasikan media atau sarana pembelajaran Smart School Lampung Berjaya ini misalnya: Ketersediaan perangkat, jaringan internet, kecepatan Internet, kuota data internet, guru kurang leluasa memilih dan mennggunakan metode pembelajaran. viii ABSTRACT Education is a fundamental factor for the existence of the nation and state. More than that, education plays an important role in the progress of the nation itself. Education in the Islamic point of view has two sides, namely: acquiring intellectual knowledge, and developing spiritual knowledge that comes from divine revelation. For this reason, every dimension of education must be made equally important for both sides. The Corona virus pandemic has caused various imbalances and hampered all community activities. In order to prevent the spread of the Covid-19 outbreak, the government issued a general lockdown policy, which in turn also pushed the closure of the education sector. For this reason, the availability of technology is an important factor for the success of online-based learning or e-learning as a means or alternative learning media. In this problematic situation, the author, in this case, conducted research related to the implementation of Islamic Religious Education learning through Smart School Lampung Berjaya located at Mnengan Atas Negeri 1 School (SMAN 1) Meraksa Aji Tulang Bawang which lasted for 8 months starting from January 2021 to Augutust 2021. The type used in this research is descriptive qualitative research, namely research that describes conditions that have occurred and/or are currently happening. Sources of data in this study were informants as many as 64 people which included the Principal, Deputy Head of Student Affairs, Deputy Head of Curriculum, Head of Madrasah staff and the entire board of teachers and students. In addition, in order to verify the existing data, the authors also look for information and data materials from school documents related to the implementation of learning that has taken place so far. As for the acquisition or collection of data in this study, the authors use several methods of data collection, including: Observation Method, and, Documentation. Meanwhile, in data analysis, the writer uses triangulation technique. This study resulted in findings, including: There are important aspects that need to be considered in the process of learning Islam through the Smart School Lampung Berjaya learning facility, namely: Strong encouragement or motivation from teachers to students on an ongoing basis; The existence of rewards or rewards for superior students; The implementation of strengthening the value of wisdom; Teachers have more attention to the behavior of their students. Overall, the media or learning facilities at Smart School Lampung Berjaya, in this case, are very helpful for teachers in the field of Islamic religious education, in particular, in organizing the teaching�learning process to be more effective. By utilizing the facilities of Smart School Lampung Berjaya, learning management can run well and become more effective and efficient, fun, and finally the students become more motivated, so they are enthusiastic to take part in learning. Departing from a fairly in-depth analysis process, the implementation of the Lampung Berjaya Smart School learning facility shows a good effective impact. There are several challenges in implementing the Lampung Berjaya Smart School learning media or facilities, for example: Availability of devices, internet network, Internet speed, internet data quota, teachers are not free to choose and use learning methods.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2022 05:10
Last Modified: 22 Sep 2022 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20958

Actions (login required)

View Item View Item