PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN Cooperative Learning TIPE Numbered Heads Together TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 SUMBEREJO TANGGAMUS

Suci, Fitri Wati (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN Cooperative Learning TIPE Numbered Heads Together TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 SUMBEREJO TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL SUCI FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang dilaksanakan bertujuan agar peserta didik atau siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran untuk dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Kondisi ini tidak dapat diwujudkan apabila dalam pembelajaran yang berlangsung di sekolah dan madrasah masih menggunakan pendekatan lama, yakni pendekatan pembelajaran konvensional (teacher centered). Sebagai upaya strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar agar dapat menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan konsep pembelajaran yang tidak membosankan maka penulis melakukan penerapan dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelejaran Cooperative Learning tipe Number Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumberejo Tanggamus. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen karena melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen (kelas yang diberi perlakuan). Tes diberikan sebanyak dua kali yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Tes yang diberikan diawal sebelum perlakuan disebut pre-tes sedangkan tes yang diberikan diakhir sesudah perlakuan disebut post-tes. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Sumberejo Tanggamus dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling yaitu teknik pengambilan berdasarkan tujuan penelitian. Berdasarkan analisis penemuan yang penulis temukan Adapun nilai-nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah 82,6. Sedangkan pada kelas kontrol adalah 76,2. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan melalui pos-test yang diberikan sama atau nilai homogen yaitu, 0,368> 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa data tersebut bersifat homogen. Maka penulis dapat menyimmpulkan bahwa strategi belajar menggunakan Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam mata pelajaran PAI di kelas VII lebih efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar iv ABSTRACT The learning carried out aims to enable students or students to be active in the learning process to be able to develop the potential that exists in themselves. This condition cannot be realized if the learning that takes place in schools and madrasas still uses the old approach, namely the conventional learning approach (teacher centered). As a learning strategy effort which is expected to increase interest in learning so that it can be fun and can improve student learning outcomes with a learning concept that is not boring, the authors apply the Cooperative Learning strategy of Numbered Heads Together (NHT) type. This study aims to determine whether there is an effect of cooperative learning strategy type Number Head Together on student learning outcomes in PAI subjects at SMPN 2 Sumberejo Tanggamus. The method used by the author in this study is Quasi Experiment because it involves two classes, namely the control class and the experimental class (the class that is treated). The test was given twice, namely before being given treatment and after being given treatment. The test given at the beginning before the treatment is called the pre-test while the test given at the end after the treatment is called the post-test. This research was conducted at SMPN 2 Sumberejo Tanggamus with a sampling technique, namely cluster sampling, which is a sampling technique based on research objectives. Based on the analysis of the findings that the authors found. The average post-test scores in the experimental class were 82.6. While in the control class is 76.2 . Based on the tests that have been carried out through the post-test given the same or homogeneous value, namely 0.368 0.05 so that it can be said that the data is homogeneous. So the writer can conclude that the learning strategy using Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT) in PAI subjects in class VII is more effectively used in improving student learning outcomes. Keywords : Cooperative Learning Type of Numbered Heads Together (NHT), Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:24
Last Modified: 21 Sep 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20944

Actions (login required)

View Item View Item