PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 1 LAMPUNG TENGAH

HAYA, NADA RAMADHANI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of HAYA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan jaman yang semakin modern terutama pada era globalisasi saat ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Pendidik sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas siswa dan prestasi belajar siswa. Pendidik harus benar-benar memperhatikan, memikirkan dan sekaligus merencanakan proses pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, agar peserta didik semangat dalam belajar dan mau terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran tersebut menjadi efektif. Pada saat melakukan Pra Penelitian di MAN 1 Lampung Tengah oleh peneliti ternyata pada saat pembelajaran fiqih keaktifan peserta didik kurang optimal karena fokus dan partisipasi peserta didik masih sangat rendah. Peserta didik beranggapan kalau mata pelajaran fiqih sulit dipahami sehingga mengakibatkan kurangnya keberanian menyampaikan pendapat pada saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, kurangnya semangat belajar peserta didik menjadi penyebab utama yang mengakibatkan motivasi belajar peserta didik rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum maximal menerapkan media pembelajaran sehingga pembelajaran tidak menarik dan membosankan bagi peserta didik. Oleh karena itu diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran yaitu media pembelajaran. Dengan demikian, peneliti tertarik melakukan eksperimen menggunakan media audio visual dengan jenis audiovisual gerak (video). Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas dan hasil pra penelitian, maka rumusan masalahnya yaitu: Adakah Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 1 lampung Tengah. Adapun tujuan diadakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh dari Penggunanan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik kelas XI MAN 1 Lampung Tengah pada materi Hukum Warisan Dalam Islam. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian ini adalah jenis eksperimen kuasi (quasi experiment) denngan desain Nonequivalent Control Group Design yang dilaksanakan di kelas XI MAN 1 Lampung Tengah yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas eksperimen (XI Ipa 3) dan kelas kontrol (XI Ipa 2). Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-smirnov untuk menguji normalitas data dan untuk iv menguji homogenitas varians serta uji-t untuk menguji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung = 12.548 > ttabel = 1.998 dan nilai sig (2-tailed) = 0,000. Karena sig < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media Audio Visual berpengaruh signifikan dalam meningkatkan Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Kata Kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar v ABSTRACT The development of an increasingly modern era, especially in the current era of globalization demands the existence of high-quality human resources. Educators as facilitators in learning activities play an important role in improving student quality and student achievement. Educators must really pay attention, think about and at the same time plan an interesting learning process for students, so that students are enthusiastic in learning and want to be involved in the learning process, so that learning becomes effective. At the time of conducting Pre-Research at MAN 1 Central Lampung by the researchers, it turned out that at the time of learning fiqh the activeness of students was less than optimal because the focus and participation of students was still very low. Students assume that fiqh subjects are difficult to understand, resulting in a lack of courage to express opinions during the learning process. In addition, the lack of enthusiasm for learning of students is the main cause that results in low learning motivation of students. This is because the teacher has not maximally implemented learning media so that learning is not interesting and boring for students. Therefore, new innovations in learning are needed, namely learning media. Thus, researchers are interested in conducting experiments using audio-visual media with audiovisual motion (video) types. Based on the background that has been stated above and the results of the pre-research, the formulation of the problem is: Is there an effect of using audio visual media in Fiqh subjects in increasing the learning motivation of students in class XI MAN 1 Lampung Tengah. The purpose of this research is to determine the effect of using audio visual media on fiqh subjects in increasing student motivation in class XI MAN 1 Central Lampung on Islamic Inheritance Law. This research was conducted using a quantitative approach with this type of research method being a quasi-experimental type with the Nonequivalent Control Group Design carried out in class XI MAN 1 Central Lampung which consists of 2 classes namely the experimental class (XI Science 3) and the control class. (XI Science 2). Data collection techniques with questionnaires, observation and documentation. The data analysis technique in this study used the Kolmogorov-Smirnov test to test the normality of the data and to test the homogeneity of variance and the t-test to test the hypothesis using the SPSS application. From the calculation results, the value of tcount = 12,548 > ttable = 1,998 and the value of sig (2-tailed) = 0.000. vi Because sig < that is 0.000 < 0.05 thus Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, it can be concluded that Audio Visual media has a significant effect in increasing students' learning motivation in fiqh subjects. Key Word : Audio Visual Media, Motivation to Learn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:25
Last Modified: 20 Sep 2022 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20925

Actions (login required)

View Item View Item