STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BMT FAJAR CABANG BANDAR LAMPUNG

Dini, Nur Indriani (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BMT FAJAR CABANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dini Nur Indriani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ekonomi tidak lepas dari peran serta dunia perbankan dan lembaga keuangan syariah. Pada prinsipnya, bank dan lembaga keuangan syariah bertindak sebagai perantara, mengumpulkan uang dari mereka yang memiliki dana dan mendistribusikannya kepada mereka yang membutuhkan. Strategi pemasaran memegang peranan penting dalam keberhasilan bisnis. Strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang kegiatan yang akan dilakukan perusahaan untuk memaksimalkan peluang atau peluang di pasar sasaran yang berbeda. Persaingan global merupakan fakta utama dalam kehidupan ekonomi yang terjadi tidak hanya pada pasar barang saja, melainkan juga pada pasar jasa. Setiap BMT harus menentukan strategi yang sesuai dari sudut pandang posisi industri dan tujuan, peluang, keahlian, serta sumber dayanya. Oleh karena itu, sangat diperlukan strategi pemasaran yang baik, khususnya pada BMT Fajar Cabang Bandar Lampung agar masyarakat bisa lebih mengenal dan memahami produk dan jasa-jasa yang diberikan, sehingga hal tersebut akan berdampak pada peningkatan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan BMT Fajar Cabang Bandar Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif guna memperoleh pemahaman yang mendalam terkait strategi pemasaran yang digunakan BMT Fajar Cabang Bandar Lampung. Data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, observasi atau pengamatan langsung di lokasi perusahaan dan dokumentasi. Dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan seperti buku, artikel, jurnal, dan sebagainya serta melalui literature yang erat kaitannya dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan pendekatan metode kualitatif, yaitu pendekatan yang tidak menggunakan dasar kerja statistik, tetapi berdasarkan bukti-bukti kualitatif. Dengan metode deskriptif kualitatif, analisis data yang diperoleh (berupa kata-kata, gambar), dan tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan dengan menggunakan paparan atau penggambaran mengenai situasi atau kondisi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan BMT Fajar dalam meningkatkan jumlah nasabahnya adalah (1) Meningkatkan pelayanan kepada nasabah. (2) Menyebarkan brosur ke masyarakat atau calon nasabah. (3) Dari mulut ke mulut, maksudnya nasabah menginfokan terkait BMT Fajar ke orang lain kemudian orang lain itu menginfokan lagi ke orang lainnya lagi dan begitu seterusnya. (4) Target pasar yang paham dengan pembiayaan non riba/jual beli syariah. (5) Meningkatkan kualitas keagamaan melalui kajian syariat Islam. Kesimpulan dari penelitian ini, strategi pemasaran yang digunakan BMT Fajar dalam meningkatkan jumlah nasabah berjalan lebih terarah dan efisien. Dengan berjalannya kegiatan pemasaran yang baik ini, BMT Fajar mampu menghadapi persaingan yang ketat serta akan lebih mudah menarik masyarakat untuk bergabung dengan perusahaannya. Kata kunci: Strategi Pemasaran dan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) iii ABSTRACT Economic development cannot be separated from the participation of the world of banking and Islamic financial institutions. In principle, Islamic banks and financial institutions act as intermediaries, collecting money from those with funds and distributing it to those in need. Marketing strategy plays an important role in business success. The marketing strategy must be able to provide a clear and directed picture of the activities the company will undertake to maximize opportunities or opportunities in different target markets. Global competition is a major fact in economic life that occurs not only in the goods market, but also in the service market. Each BMT must determine the appropriate strategy from the point of view of the industry position and its objectives, opportunities, expertise and resources. Therefore, it is very necessary to have a good marketing strategy, especially at BMT Fajar Bandar Lampung Branch so that people can better know and understand the products and services provided, so that this will have an impact on increasing the number of customers. This study aims to: to find out how the marketing strategy used BMT Fajar Bandar Lampung Branch in increasing the number of customers. This study uses qualitative research in order to gain an in-depth understanding of the marketing strategy used by BMT Fajar Bandar Lampung Branch. Research data sourced from primary data and secondary data. Primary data obtained from interviews, observations or direct observations at the company's location and documentation. And secondary data obtained from literature studies such as books, articles, journals, and so on as well as through literature that is closely related to the object of research. Data collection techniques in this study used interview, observation and documentation techniques. While the data analysis technique uses a qualitative method approach, namely an approach that does not use a statistical basis, but is based on qualitative evidence. With the descriptive qualitative method, the analysis of the data obtained (in the form of words, pictures) is not stated in the form of numbers or statistical figures, but by using an explanation or description of the situation or condition being studied in the form of a narrative description. The results of this study indicate that the marketing strategy used by BMT Fajar in increasing the number of its customers is (1) Improving service to customers. (2) Distribute brochures to the public or potential customers. (3) Word of mouth, meaning that the customer informs other people regarding BMT Fajar, then the other person informs other people again and so on. (4) Target market that understands non-usury financing/sharia buying and selling. (5) Improving the quality of religion through the study of Islamic law. The conclusion of this study, the marketing strategy used by BMT Fajar in increasing the number of customers runs more directed and efficient. With this good marketing activity, BMT Fajar is able to face tough competition and it will be easier to attract people to join the company. Keywords: Marketing Strategy and Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:48
Last Modified: 20 Sep 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20922

Actions (login required)

View Item View Item