PERAN MODAL MASJID TERHADAP PROFITABILITAS UMKM GALERY AL FURQON DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Masjid Al Furqon Teluk Betung Utara)

M., RIFAT RIVALDI (2022) PERAN MODAL MASJID TERHADAP PROFITABILITAS UMKM GALERY AL FURQON DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Masjid Al Furqon Teluk Betung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of M. RIFAT RIVALDI_1651010480_ BAB I  II  V.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_M.RIFAT RIVALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan masjid daerah Bandar Lampung 1964 sebelum menjadi Masjid Al Furqon, Masjid ini dinamai dengan Masjid Jami sampai dengan 1999 barulah Masjid Jami berganti nama menjadi Masjid Al Furqon dan pada tahun 2011 ada penambahan halaman dan dana hibah kota Bandar Lampung. pada tahun 2019 barulah galeri Al Furqon terbentuk. Sedangkan untuk ide untuk pembuatan galeri Al Furqon, pihak masjid dan dinas perdangan mempunyai ide untuk membantu UMKM sekitar untuk bisa lebih berkembang dan ingin memakmurkan memelalui sektor sektor non ibadah supaya menarik dan membuat kenyamanan jamaah dari luar kota disamping beribadah bisa membeli souvenir-souvenir khas Lampung. dengan dana pengurus masjid dana dinas perdangangan. barulah kesepakatan dari 3 pihak yaitu pengurus Masjid Al Furqon, dinas perdangangan dan UMKM sekitar untuk membuat semacam tempat untuk menampung UMKM untuk bisa berjualan di area Masjid dan berbagi hasil, hasil penjualan dari 8 UMKM yang berjualan akan dipotong 10% untuk infak Masjid. Untuk kerjasama Masjid dan Dinas Perdagangan sudah lama, tetapi jika kerja sama Masjid dengan UMKM itu baru tahun 2019 dan langsung terbentuk Galeri Al Furqon yang diresmikan pada tahun 2019 oleh walikota Bandar Lampung. Masjid Al Furqon sendiri hanya memberikan fasilitas seperti tempat dan listrik, dan bentuk pengawasan nya mutlak pada UMKM itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah peran modal yang diberikan masjid kepada UMKM gallery Al Furqon dapat membantu kenaikan profitabilitas, jenis penelitian kualitatif, metode pengambilan data wawancara, observasi dan dokumentasi, dan di analisi dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian dimana Bahwa peran modal masjid berupa fasilitas tempat, listrik dan lain lain dengan maksud sebagai sentra oleh oleh agar meningkatkan profitabilitas, tidak mampu mendorong omzet. dikarena kan menejemen pemasaran yang kurang optimal dan tempat yang kurang strategis menjadi faktor terbesar tidak mampu mendorong profit di gallery Al Furqon. Kata kunci : Masjid, Peran Modal, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:26
Last Modified: 15 Sep 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20894

Actions (login required)

View Item View Item