PENGARUH PENERAPAN HARGA DISKON HARBOLNAS DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP TINGKAT KONSUMSI MAHASISWA PADA E-MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung

ILHAM, KHOLIQ (2022) PENGARUH PENERAPAN HARGA DISKON HARBOLNAS DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP TINGKAT KONSUMSI MAHASISWA PADA E-MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ILHAM KHOLIQ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan adanya internet untuk memenuhi kebutuhan dapat melalui media online. Fasilitas dan kemudahn yang ditawarkan dalam melakukan belanja online mengakibatkan terjadinya konsumsi secara berlebihan dan mengarah pada perilaku konsumtif konsumen. Perilaku konsumtif ini juga terjadi dikalangan mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif melaui pembelian melalui e�marketplace. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan harga diskon HARBOLNAS dan perceived enjoyment terhadap tingkat konsumsi mahasiswa pada e-marketplace perspektif ekonomi syariah. Tujuan penelitian ini adapun untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan harga diskon HARBOLNAS dan perceived enjoyment terhadap tingkat konsumsi mahasiswa pada e-marketplace. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa UIN Raden Intan Lampung angkatan 2019. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling, penulis menggunakan rumus slovin dalam menentukan jumlah sampel dan untuk menentukan jumlah masing�masing sampel perfakultas menggunakan rumus proportionate stratified random sampling sehingga didapat total sampel 98 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara parsial penerapan harga diskon HARBOLNAS (X1) berpengaruh signifikan terhadap tingkat konsumsi mahasiswa pada e-marketplace (Y), perceived enjoyment (X2) berpengaruh signifikan terhadap tingkat konsumsi mahasiswa pada e-marketplace (Y). Secara simultaan variabel penerapan harga diskon HARBOLNAS (X1) dan perceived enjoyment (X2) berpengaruh terhadap tingkat konsumsi mahasiswa pada e-marketplace (Y). Penelitian ini memiliki nilai adjusted r 2 (r-squared) sebesar 0,948. Koefisien determinasi tersebut memiliki maksud bahwa pengaruh variabel independen (secara keseluruhan) terhadap variabel dependen adalah sebesar 94,8%. Sisanya sebesar 5,2% dipengaruhi oleh faktor lain selain pada penelitian ini. Kata kunci: Harga Diskon HARBOLNAS, Perceived Enjoyment, Tingkat Konsumsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:19
Last Modified: 08 Sep 2022 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item View Item