PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DI TK PURNAMA BANDAR LAMPUNG

FERA, SANTIKA EFENDY (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DI TK PURNAMA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator di TK Purnama Bandar Lampung. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah dan guru TK Purnama Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa peran kepala sekolah sebagai motivator di TK Purnama Bandar Lampung sudah baik karena dari beberapa indikator sudah terlaksana, adapan yang menjadi indikator tersebut adalah: pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, memberikan dorongan,dan penghargaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah sebagai motivator di TK Purnama Bandar Lampung sudah memberikan motivasi yang baik terhadap kemajuan para pendidik dimana pendidik merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Kata kunci : Peran, Kepala Sekolah, Motivasi ABSTRACT This study aims to describe the role of the principal as a motivator at Purnama Kindergarten in Bandar Lampung. The subjects of this study included the principal and teachers of Purnama Kindergarten in Bandar Lampung. This research is a descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques used include interviews, documentation and observation. The data analysis technique includes three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study indicate that the role of the principal as a motivator in Purnama Kindergarten in Bandar Lampung is good because several indicators have been implemented, the indicators that are used are: setting the physical environment, setting the work atmosphere, discipline, giving encouragement, and rewards. Thus it can be concluded that the principal as a motivator at Purnama Kindergarten in Bandar Lampung has provided good motivation for the progress of educators where educators are the key to success in the world of education. Keywords: Role, Principal, Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:12
Last Modified: 05 Sep 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20807

Actions (login required)

View Item View Item