PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1KELUMBAYAN BARAT TANGGAMUS

SITI, NURMA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1KELUMBAYAN BARAT TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 - BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan arus globalisasi yang semakin maju memudahkan teknologi untuk saat ini mengembangkan aplikasi-aplikasi baru untuk mengembangkan dan memberikan jembatan untuk memudahkan proses belajar mengajar di ruang lingkup pendidikan. Namun, Pada era globalisasi saat ini masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran dikarenakan kurangnya kreativitas dan inovasi pendidik dalam menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik untuk belajar khususnya pelajaran Pendidikan Agama Islam dan pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Masalah ini ditemukan di SMP Negeri 1 Kelumbayan Barat Tanggamus bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam karena pendidik masih menggunakan model pembelajaran Konvensional seperti memberikan tugas-tugas hafalan dan ceramah yang sangat monoton sehingga menyebabkan siswa tidak tertarik, bosan, dan malas pada saat pembelajaran. Melihat masalah tersebut media Pembelajaran yang dapat dijadikan solusi adalah media Adobe Flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Adobe Flash terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Khususnya kelas VII di SMP Negeri 1 Kelumbayan Barat Tanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kelumbayan Barat Tanggamus yang berjumlah 69 peserta didik sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII A dengan jumlah 24 peserta didik sebagai kelas Eksperimen dan VII B dengan jumlah 23 peserta didik sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah = 2.144 > = 0,036 dengan demikian ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Adobe Flash terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Kelumbayan Barat Tanggamus. Kata Kunci : Adobe Flash, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:03
Last Modified: 01 Sep 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item