PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF MELALUI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lampung Utara)

ABDURRACHMAN, M. Idran (2022) PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF MELALUI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lampung Utara). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS 1-=2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TESIS ABDURRACHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendayagunaan zakat telah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Dikatakan dalam Undang-Undang ini bahwa zakat dapat didayagunakan untuk usaha produktif ini dapat dilakukan apabila kebutuhan dasar mustahik telah terpenuhi. Pendayugunaan zakat ini diharapkan agar zakat benar-benar memberikan dampak yang signifikan dalam program pengentasan kemiskinan jika mustahik (penerima zakat) benar dalam mengelola zakat untuk dikembangkan sebagai modal usaha. Penelitian ini akan dianalisis menggunakan teori pemberdayaan masyarakat dan teori pengembangan kewirausahaan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem pengelolaan dana zakat produktif melalui kewirausahaan yang dilakukan BAZNAS Lampung Utara terhadap dana zakat. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pengembangan dana zakat produktif untuk kewirausahaan yang dilakukan BAZNAS Lampung Utara. 3). Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pengelolaan zakat produktif yang dilakukan BAZNAS Lampung Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pengelolaan dana zakat produktif melalui kewirausahaan yang dilakukan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Lampung Utara terhadap dana zakat dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan dana zakat produktif untuk kewirausahaan BAZNAS Lampung Utara. Serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pengelolaan zakat produktif yang dilakukan BAZNAS Lampung Utara Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dikemukakan bahwa sesuai dengan teori pengembangan kewirausahaan maupun teori motivasi berwirausaha, di dalam zakat produktif di mana harta atau dana zakat yang diberikan kepada para mustahik tidak dihabiskan akan tetapi dikembangkan dan digunakan untuk membantu usaha mereka, sehingga dengan usaha tersebut mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup secara terus menerus. Faktor-faktor pendukung pengembangan dana zakat produktif untuk kewirausahaan yang dilakukan BAZNAS Lampung Utara antara lain: 1) Kerja sama antar pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). 2) Peran serta Pemerintah Daerah dalam hal Dinas Pertanian dan Peternakan untuk bantuan tenaga kesehatan hewan untuk kesehatan hewan ternak mustahik. Faktor-faktor penghambat pengembangan dana zakat produktif untuk kewirausahaan yang dilakukan BAZNAS Lampung Utara antara lain: a) Kurang maksimalnya amil dalam menghimpun dana zakat dikarenakan mempunyai pekerjaan lain selain di BAZNAS. b) Kurangnya tingkat kesadaran mustahik untuk mengembangkan usahanya sehingga usahanya sulit dapat berkembang sesuai dengan harapan. 3) Tinjauan hukum Islam tentang pengelolaan zakat produktif pada kasus ini tidak diperbolehkan, dikarenakan adanya penambahan pada objek pengembalian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:59
Last Modified: 01 Sep 2022 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20791

Actions (login required)

View Item View Item