PENGARUH PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi pada SMP Tirtayasa Sukabumi Kelas IX)

CICIH, NUR ERLIS DAMAYANTI (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi pada SMP Tirtayasa Sukabumi Kelas IX). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CICIH NUR ERLIS DAMAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan yang signifikan, baik dalam pembelajaran tatap muka (PTM) di dalam kelas diubah menjadi pembelajaran daring. Terhitung sejak pertengahan bulan Maret 2020 pemerintah memutuskan pembelajaran dalam jaringan (daring) karena pandemi Covid-19 sehingga kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan dan dilaksanakan secara jarak jauh. Tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Guru dalam pembelajaran online juga memiliki permasalahannya masing-masing, yaitu sulitnya mengukur prestasi akademik karena satu jenis materi dengan materi yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas IX di SMP Tirtayasa Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian yang digunakan penelitian ini menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel pembelajaran daring di peroleh hasil analisis uji t yang menunjukkan tingkat signifikan X1 berada pada taraf 0,001 < 0,021 dengan nilai t hitung 2,460 H1 diterima. Nilai T positif menunjukkan bahwa variabel pembelajaran PAI daring (X) berpengaruh terhadap variabel Motivasi Belajar (Y). Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel pembelajaran PAI daring (X) berpengaruh dalam meningkatkan variabel motivasi belajar siswa (Y). Kata Kunci: Pembelajaran PAI daring, Motivasi belajar, SMP Tirtayasa Sukabumi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:49
Last Modified: 01 Sep 2022 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20783

Actions (login required)

View Item View Item