PENGARUH PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN GOJEK DAN GRAB DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016 UIN Raden Intan Lampung)

Septiana, Dewi (2022) PENGARUH PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN GOJEK DAN GRAB DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016 UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Septiana Dewi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya teknologi yang begitu cepat, menjangkau seluruh dunia terutama Indonesia khususnya di Lampung sehingga menumbuhkan transportasi jasa ojek online salah satunya yaitu gojek dan grab. Gojek dan grab adalah salah satu fenomena bisnis jasa transportasi di tengah kemajuan teknologi komunikasi. Gojek dan Grab memiliki tingkat persaingan yang ketat baik itu dar segi warna logo yang dimana sama-sama warna hijau, segi fitur-fitur yang disuguhkan yang hampir sama dan tarif harga yang bersaing. Hal ini menjadikan perusahaan gojek dan grab menjadi layanan teratas di Indonesia. Tingginya minat konsumen akan transportasi online ini membuat perusahaan berbasis jasa transportasi online tersebut berlomba-lomba untuk menghadirkan layanan unik demi bisa menciptakan rasa puas pada konsumennya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen gojek dan grab. Dan Bagaimanakah pandangan dalam perspektif ekonomi Islam terhadap kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen gojek dan grab. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif komparatif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang dijadikan sample dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FEBI Jurusan Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2016 yang berjumlah 347 Mahasiswa dan jumlah besaran sample sebanyak 78 responden dimana sample Gojek 39 responden dan Grab 39 responden dengan menggunakan metode teknik purposive Sampling. Metode analisis data menggunakan Uji Beda dengan pengujian Independent Sample T�test menggunakan program SPSS 17 for windows. Berdasarkan penelitian hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen terdapat perbedaan tetapi tidak signifikan (nyata) antara Gojek dan Grab. Dalam perspektif ekonomi Islam, bahwa dalam kualitas pelayanan dapat disimpulkan bahwa Gojek dan Grab dimana dalam menjalankan pekerjaannya sudah memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang berlandaskan Al-Quar’an dan Hadist. Sedangkan dalam harga dan kepuasan konsumen gojek dan grab belum bisa memenuhi prinsip syariah yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. ABSTRACT The development of technology is so fast, it reaches the whole world, especially Indonesia, especially in Lampung, thus growing online motorcycle taxi service transportation, one of which is Gojek and Grab. Gojek and grab are one of the phenomena of the transportation service business in the midst of advances in communication technology. Gojek and grab have a fierce level of competition, both in terms of the color of the logo which is the same as green, in terms of the features that are served which are almost the same and the rates are competitive. This makes gojek and grab companies the top services in Indonesia. The high consumer interest in online transportation has made these online transportation service�based companies compete to present unique services in order to create a sense of satisfaction for their consumers. The formulation of the problem in this study is Is there a significant difference between the service quality, price, and customer satisfaction of Gojek and Grab, and how is the view in the perspective of Islamic economics on the quality of service, price, and customer satisfaction of Gojek and Grab. This research uses comparative quantitative research. This research was conducted by distributing questionnaires to respondents who were used as samples in this study were FEBI Students, Department of Islamic Economics, UIN Raden Intan Lampung, Class of 2016 which amounted to 347 students and the total sample size was 78 respondents where the sample was 39 respondents Gojek and 39 respondents Grab using technical methods purposive sampling. The data analysis method used the Differential Test with Independent Sample T-test testing using the SPSS 17 for windows program. Based on the research, the results of partial hypothesis testing indicate that the service quality , price, and customer satisfaction are different but not significant (significantly) between Gojek and Grab. From an Islamic economic perspective, in terms of service quality, it can be concluded that Gojek and Grab, which in carrying out their work, have provided good service and are in accordance with Islamic economic principles based on the Qur'an and Hadith. While in the price,and customer satisfaction it can be concluded that the of Gojek and Grab has not been able to meet sharia principles based on the Qur'an and Hadith. Keywords: Service Quality, Price, and Consumer Satisfaction in Islamic Economic Perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:15
Last Modified: 29 Aug 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20733

Actions (login required)

View Item View Item