PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

ALDILA, MELANIA PUTRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ALDILA MELANIA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah matematis secara terstruktur melalui beberapa tahapan. Penelitian ini akan dilakukan di SMPN 1 Batu Brak Lampung Barat. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 1 Batu Brak Lampung Barat masih rendah. Penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hybrid Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental dengan rancangan penelitian faktorial 2 3. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Batu Brak Lampung Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes kemampuan Self Regulation berupa soal uraian. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis varian dua jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis dengan taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Hybrid Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan Self Regulation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Hybrid Learning dan kemampuan Self Regulation siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Hybrid Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Regulation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:06
Last Modified: 26 Aug 2022 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20719

Actions (login required)

View Item View Item