PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TK NEGERI 1 BATU BRAK LAMPUNG BARAT

TASYA, MELINDA RAHMAWATI (2022) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TK NEGERI 1 BATU BRAK LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI TASYA MELINDA RAHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Kemampuan Bahasa anak dapat dikembangkan dengan berbagai media salah satunya yaitu menggunakan media audio visual dengan cerita video yang di aplikasikan melalui laptop. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimanakah penggunaan media audio visual dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Negeri 1 Batu Brak Lampung Barat . Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian, deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru kelas dan peserta didik di kelas B TK Negeri 1 Batu Brak Lampung Barat, sedangkan objek dalam penelitian adalah untuk meningkatkan berbahasa anak melalui media audio visual, Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan pada anak dan guru, wawancara kepada guru, dokumentasi, data analisis secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa Kemampuan Bahasa Anak melalui media audio visual telah dilaksanakan dengan baik. Meski masih ada kendala, Dengan kurangnya alat bantu LCD dan proyektor sehingga penyampaian video kurang maksimal dan guru kurang komunikatif terhadap anak. Pada hasil observasi penggunaan media audio visual menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: guru mempersiapkan RPPH sesuai dengan tema yang akan diajarkan, guru mengatur dan menyiapkan pralatan yang digunakan guru memperhatikan posisi duduk peserta didik dalam keadaan nyaman, guru mengajar anak menyimak dan melihat tayangan video dan menjelaskan tujuan pembelajaran, guru memastikan anak telah siap menyaksikan tayangan video, guru melakukan evaluasi. Maka semua indikator perkembangan kemampuan bahasa dapat berkembang sesuai harapan. Dari keenam langkah-langkah penggunaan media audio visual yang diterapkan oleh guru di TK Negeri 1 Batu Brak Lampung Barat, dapat menjadi altenatif dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini. Kata Kunci : Berkbahasa , media audio-visual ii ABSTRAC The development of children's language skills can be developed using various media, one of which is using audio-visual media with video stories that are applied through a laptop. The formulation of the problem in this study "How are the efforts of teachers in developing children's language skills through audio visual media. at TK Negeri 1 Batu Brak, West Lampung”. This study aims to find out how the use of audio-visual media in developing children's language skills in TK Negeri 1 Batu Brak west Lampung. In this study, the author uses descriptive qualitative research, aiming to describe objectively the situation at the research site using a series of words or sentences, with the research subjects being class teachers and students in class B TK Negeri 1 Batu Brak, West Lampung, while the object in The research is to improve children's language through audio�visual media. This study uses data collection techniques through observations made on children and teachers, interviews with teachers, documentation, qualitative data analysis using data reduction, data display and drawing conclusions. The results showed that the use of audio-visual media has been implemented less well. With the lack of LCD and projector tools so that video delivery is not optimal and teachers are less communicative to children. In the results of the observation of the use of audio-visual media using the following steps: the teacher prepares the RPPH according to the theme to be taught, the teacher arranges and prepares the equipment used by the teacher paying attention to the sitting position of the students in a comfortable state, the teacher teaches the children to listen and watch video shows and explain the learning objectives, the teacher makes sure the children are ready to watch the video, the teacher evaluates. Then all indicators of the development of language skills can develop as expected. Of the six steps of using audio-visual media applied by teachers at TK Negeri 1 Batu Brak, West Lampung, it can be an alternative in developing early childhood language skills. Keywords: Speaking, audio-visual media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:36
Last Modified: 24 Aug 2022 07:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item