PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIP TERHADAP DAYA TANGKAP BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM

MAULIDTA, SARI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIP TERHADAP DAYA TANGKAP BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Maulidta Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIP TERHADAP DAYA TANGKAP BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM Oleh Maulidta Sari Masalah yang terjadi di lapangan ialah rendahnya tingkat pemahaman peserta didik dalam menangkap materi yang disampaikan oleh pendidik. Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti, pendidik belum dapat menyesuaikan proses mengajarnya dengan yang ada di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal ini membuat peserta didik sulit memahami materi yang disampaikan oleh pendidik serta peserta didik menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Asumsi tersebut diambil dari data ulangan harian peserta didik Bidang Studi Biologi kelas X MIPA dimana kurang lebih 95% nilainya di bawah rata-rata. Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flip terhadap daya tangkap belajar peserta didik diharapkan mampu meningkatkan daya tangkap pemahaman peserta didik dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Rancangan eksperimen dalam penelitian yang dilakukan adalah dengan pola posttest-only control group design. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan yang signifikan dari model pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flip terhadap daya tangkap peserta didik ditinjau dari posttest daya tangkap belajar siswa yakni sig. 0,000 < 0,05 dan ditinjau dari angket daya tangkap belajar siswa yakni sig. 0,004 < 0,05 yang dalam hal ini berarti model pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flip berpengaruh terhadap daya tangkap belajar siswa pada materi ekosistem. Kata Kunci: DayaTangkap Belajar, Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flip

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:00
Last Modified: 23 Aug 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20641

Actions (login required)

View Item View Item