PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MAS DARUL MA’ARIF KECAMATAN NATAR

SITI, SYARAH FAQRIYAH (2022) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MAS DARUL MA’ARIF KECAMATAN NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI SYARAH F.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian di MAS Darul Ma’arif Kecamatan Natar diketahui bahwa sumber belajar pada mata pelajaran fiqih di sekolah hanya menggunakan buku paket atau buku teks cetak yang dapat dipinjam melalui perpustakaan secara berkala dengan rentan waktu yang singkat. Lalu kurangnya pengetahuan guru dalam memperhatikan kesesuaian media belajar terhadap model pembelajaran yang digunakan juga membawa dampak bagi peserta didik. Contoh halnya seperti peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penulis merumuskan masalah, “Bagaiamana pengembangan, kelayakan serta respon peserta didik terhadap modul digital flipped classroom?”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul digital flipped classroom pada mata pelajaran fiqih, untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap produk yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif. Adapun untuk mengetahui kualitas kelayakan produk yang dikembangkan, peneliti mengujinya dengan melakukan penilaian. Penilaian tersebut terdiri dari validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media serta melakukan penilaian terhadap respon peserta didik. Dalam melakukan penilaian, peneliti mendapatkan perolehan nilai kelayakkan sebagai berikut: Penilaian terhadap validasi ahli materi memperoleh presentase kelayakan sebesar 95% dengan kriteria “SANGAT LAYAK”, validasi ahli bahasa memperoleh presentase kelayakan sebesar 89% dengan kriteria “SANGAT LAYAK”, validasi media memperoleh presentase kelayakan sebesar 77% dengan kriteria “LAYAK”. Dalam melakukan pengujian terhadap respon peserta didik, peneliti mendapatkan perolehan presentase rata-rata sebesar 85% dengan kriteria “SANGAT LAYAK”. Dari ke-empat penilaian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan modul digital flipped classroom yang dikembangkan oleh peneliti berkualitas dan layak digunakan sebagai sumber dan media pembelajaran pada proses belajar berlangsung. Kata Kunci : Modul Digital Flipped Classroom, Fiqih, Pengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:03
Last Modified: 23 Aug 2022 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20636

Actions (login required)

View Item View Item