PENGASUHAN ANAK USIA DINI DARI ORANG TUA KE KAKEK NENEK DALAM PERKEMBANGAN MENTAL DI DESA ULU DANAU KEC. SINDANG DANAU KAB. OGAN KOMERING ULU SELATAN ( OKUS )

Asti, Mandasari (2022) PENGASUHAN ANAK USIA DINI DARI ORANG TUA KE KAKEK NENEK DALAM PERKEMBANGAN MENTAL DI DESA ULU DANAU KEC. SINDANG DANAU KAB. OGAN KOMERING ULU SELATAN ( OKUS ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Asti Mandasari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pola pengasuhan anak ialah bentuk yang diterapkan oleh orang tua dalam mengasuh anak. Kakek dan nenek merupakan keluarga besar yang sering berperan dalam menggantikan pengasuhan anak dari orang tuanya. Menurut teori pengasuhan Baumrind. Menurut Baumrind mengatakan bahwa pengasuhan merupakan serangkaian sikap yang di tunjukkan orang tua kepada anak untuk menciptakan iklim emosi yang melingkupi interaksi orang tua anak, yang mencakup tiga asfek yaitu authoritarian ( pengasuhan yang membatasi dan bersifat menghukum), authoritative ( pengasuhan yang mendorong anak untuk mandiri) , dan permissive ( pengasuhan yang bersifat longgar dan menerima apa yang di lakukan anak tanpa memberikan intervensi). Wawancara di lakukan untuk mengetahui permasalaan pengalihan pengasuhan anak usia dini dari orang tua ke kakek nenek, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan mental yang di asuh oleh kakek nenek. Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dan menggunakan pendekatan berperspektif konstruktivisme, subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang mengalih asuhkan anak dan kakek nenek yang mengasuh anak. Objeknya desa ulu danau kec. Sindang danau.kab. okus, Teknik pengumpul data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk pengasuhan yang di berikan kakek nenek yaitu pengasuhan demokratis dan otoritatif. Pengasuhan yang baik akan berdampak pada sikap dan prilaku anak yang di asuh oleh kakek nenek, sikap yang menonjol anak yang di asuh oleh kakek nenek lebih terlihat mandiri dan di siplin. Berdasarkan hasil yang di temukan dalam penelitian ini bagaimana pola asuh kakek nenek dalam membentuk perkembangan mental anak, kakek nenek selalu membiasakan anak melakukan hal�hal yang baik contohnya do’a sebelum makan, membiasakan berbagi makanan,saat bermain dengan teman-teman tidak boleh merebut mainan teman dengan paksa dan jika anak melakukan kesalahan mengakibatkan rusaknya perkembangan mental anak dan nenek langsung menegur cucunya dengan pengertian, dengan lembut, dan penjelasan namun tidak kasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:47
Last Modified: 22 Aug 2022 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20601

Actions (login required)

View Item View Item