PEMANFAATAN MEDIA SPARKOL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA SMA NEGERI 1 MENGGALA

Karmilah, Santori (2022) PEMANFAATAN MEDIA SPARKOL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA SMA NEGERI 1 MENGGALA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KARMILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PEMANFAATAN MEDIA SPARKOL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA SMA NEGERI 1 MENGGALA Media Sparkol merupakan salah satu softwere yang dapat membantu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan media Sparkol ini dapat membuat materi presentasi lebih menarik dan profesional. Dan didalam aplikasi ini terdapat fitur-fitur yang menarik seperti gambar, jenis-jenis tulisan, berbagai model huruf, warna, musik, dan animasi lainnya yang dapat dipilih sesuai keinginan, yang nantinya akan membuat isi materi lebih menarik. Adapun ciri khas dari aplikasi media Sparkol yaitu, didalamnya menggunakan tangan untuk menulis ataupun menggambar diatas kertas putih yang seolah-olah guru sedang menerangkan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media Saprkol dalam mata pelajaran PAI pada siswa SMA Negeri 1 Menggala kelas XI tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Menggala. subyek penelitian adalah Guru dan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mengala. Hasil penelitian Pemanfaatan Media Sparkol pada Pembelajaran PAI kelas XI, bila dirancang dengan baik merupakan media pembelajaran yang efektif, dan dapat memudahkan serta meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mendukung pembelajaran individual sesuai kemampuan peserta didik, dan dapat digunakan sebagai penyampaian pesan langsung. Kegunaan dan peran media Sparkol memperjelas penyajian materi agar tidak terlalu bersifat verbalistis, mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera. Faktor pendukung media pembelajaran sudah banyak disediakan oleh sekolah dan siswa. Dengan adanya media sparkol peserta didik dapat tertarik untuk belajar dan memahami materi. Dengan kehadiran media sparkol membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar karena peserta didik tidak menerawang dalam belajar. Kata kunci : Pemanfaatan, Media Sparko

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:22
Last Modified: 18 Aug 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20571

Actions (login required)

View Item View Item