HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

SYIFA, KHULWIYAH (2022) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1 bab 2 dapus.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of syifa full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Permasalahan hasil belajar tersebut disebabkan karena kurangnya kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan karena kemandirian memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Selain itu kemandirian belajar merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Variabel yang diteliti yaitu Kemandirian Belajar (X) dan Hasil Belajar (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 102 orang peserta didik dan jumlah sampel penelitian 50 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik pengambilan sampel menggunakann proportionate startified random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung, ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,743 berada pada taraf “Kuat”. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. iv ABSTRACT This thesis discusses the relationship between learning independence with learning outcomes of student in islamic religious education class VIII at SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. The problem in this research is the low learning outcomes of students in Islamic religious education subjects. The problem of learning outcomes is caused by a lack of learning independence. This research was conducted because independence has a very important role in learning activities. In addition, learning independence is one of the internal factors that affect student learning outcomes. The variables studied were Learning Independence (X) and Learning Outcomes (Y). This study aims to determine the positive and significant relationship between learning independence and the learning outcomes of students class VIII of SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. This type of research is quantitative with ex-post facto method. The population of this study was high grade students totaling 102 students, with the study sample was high grade students totaling 50 students. Determination of the sample using probability sampling technique, namely proportional random sampling. The data collection technique in this study was in the form of non-test using questionnaires distribution and documentation studies. Analysis of the data used is the product moment correlation. The results of the study indicate that there is a relationship between learning independence with islamic education learning outcomes for high grade students at SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Indicated by a correlation coefficient of 0,473 at the level of "Strong". Keywords: Independent Learning, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:56
Last Modified: 16 Aug 2022 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20549

Actions (login required)

View Item View Item