PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTU DENGAN ICE BREAKING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH

DIANA, CHIKA SAFITRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTU DENGAN ICE BREAKING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 GUNUNG SUGIH LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DIANA CHIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa faktor rendahnya hasil belajar yakni peserta didik kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sulit memahami materi yang disampaikan oleh pendidik serta merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Ditambah lagi pemilihan model pembelajaran yang berpusat pada pendidik mengakibatkan kurangnya motivasi belajar dan menurunnya daya konsentrasi pada peserta didik. Sehingga perolehan hasil belajar tidak tercapai dengan optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memilih model pembelajaran Joyfull Learning berbantu dengan Ice Breaking agar peserta didik merasa nyaman, berperan aktif, dan kecanduan dalam kegiatan belajar disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Joyfull Learning berbantu dengan Ice Breaking terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Gunung Sugih Lampung Tengah. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasy Eksperimen Design). Penelitian ini menggunakan desain nonequevalent control group pretest-prosttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 2 Gunung Sugih Lampung Tengah. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test untuk menjawab uji hipotesis. Uji normalitas dilakukan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas dilakukan menggunakan Levene Statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima atau model pembelajaran Joyfull Learning berbantu dengan Ice Breaking berpengaruh signifikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 2 Gunung Sugih Lampung Tegah. Kata kunci : Joyfull Learning, Ice Breaking, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:37
Last Modified: 16 Aug 2022 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20544

Actions (login required)

View Item View Item