UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

ANNIS, TRIASIH WULANDARI (2022) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANNIS TRIASIH WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Annis Triasih Wulandari (1811010343) Jurusan Pendidikan Agama Islam, “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung” Seorang guru selain memiliki kewajiban mengajar juga memiliki kewajiban untuk menjalankan perannya sebagai pendidik yang mengutamakan pembentukan dan pembinaan bidang afektif atau sikap dan prilaku peserta didik, lebih-lebih bagi guru akidah akhlak merupakan ujung tombak dalam upaya membina akhlak siswa di sekolah dasar karena pada usia ini merupakan masa fundamental yang harus diberi landasan nilai akhlak. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis yang menekankan pada makna penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Untuk memperoleh keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi dari beberapa teknik di antaranya observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tujuan yaitu untuk mengetahui keadaan akhlak peserta didik, upaya pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dan kendala guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, keadaan akhlak peserta didik sudah cukup bagus namun masih ada beberapa yang melanggar peraturan atau tata tertib yang disepakati. Kedua, bahwa guru akidah akhlak menjalankan tugas dan upaya sesuai dengan kurikulum yang berlaku namun sedikit terkendala yang disebabkan oleh beberapa faktor internal maupun eksternal salah satunya yaitu, pengaruh siswa non pondok dan kurang perhatiannya dari pengurus pondok dan keluarga. Saran dalam penilitian ini adalah guru akidah akhlak dan lingkungan sekolah perlu meningkatkan pembinaan dan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan akhlak siswa, dan baik dari pihak pengurus pondok maupun orang tua perlu meningkatkan perhatian dan pengawasan terhadap anaknya agar tidak tidak terusak oleh lingkungan luar. Kata kunci : Upaya guru, Membina Akhlak Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:33
Last Modified: 16 Aug 2022 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20543

Actions (login required)

View Item View Item