Muhammad, Muklis Nasrul Amin (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PAI SD NEGERI 3 KUTAWARINGIN KECAMATAN ADILUIH KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD Negeri 10 Bandung Baru Pringsewu di Pada Masa Covid-19 Implementasi pembelajaran adalah penerapan tentang mengatur dan mengorganisasi dalam lingkungan belajar sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong peserta didik untuk melakukan proses belajar. Pendidikan agama islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, sehingga menjadi bertakwa kepada Allah SWT dan memiliki akhlakul karimah dalam mengamalkan ajaran islam dari sumber utama yaitu Alquran dan Hadits. Sejak merebaknya wabah covid-19 di Indonesia, banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebarannya. Salah satunya adalah melalui surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) , Melalui surat edaran tersebut pihak kemendikbud memberikan intruksi seluruh sekolah untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan siswa untuk melaksanakan belajar di rumah masing-masing. Sehubungan dengan hal ini, penelitian yang diajukan mengenai Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD Negeri 10 Bandung Baru Pringsewu di Pada Masa Covid-19 dan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan field reseacrh yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam hal ini proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, display data dan uji keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Impelmentasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD Negeri 10 Bandung Baru pada masa pandemi covid19 ini menggunakan dua cara yaitu Pembelajaran secara daring atau online (Dalam pembelajaran secara daring, guru dan iii siswa menggunakan smartphone dengan fitur aplikasi WhatsApp) dan Pembelajaran secara tatap mukaPembelajaran secara tatapmuka silaksanakan dengan standar protokol kesehatan. Kata kunci : implementasi pembelajaran, pendidikan agama islam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:04 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20522 |
Actions (login required)
View Item |