STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PROSES PEBELAJARAN ONLINE PADA DOSEN DAN MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM ANGKATAN 2019

NURUL, FAZRYAH (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PROSES PEBELAJARAN ONLINE PADA DOSEN DAN MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM ANGKATAN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIX NURUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Komunikasi dalam pendidikan yang dilakukan oleh Dosen dan mahasiswa tidak hanya pada proses pertukaran dan penyampaian materi pembelajaran, tetapi terdapat hubungan dosen dan mahasiswa yang menjadi syarat utama terciptanya proses pembelajaran yang efektif. Sejak ada pandemi Covid-19 di tanah air berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, perlu diterapkan strategi komunikasi yang tepat dalam penyampaian materi pembelajaran online di era Pandemi Covid-19. penelitian ini menunjukkan bahwa Banyaknya permasalahan yang muncul saat pembelajaran online menjadi tantangan tersendiri bagi dosen dan mahasiswa dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Pada penelitian ini strategi yang digunakan dosen kepada mahasiswa menggunakan teori komunikasi Harold Laswell, lalu melalui tahapan tahapan strategi komunikasi yaitu: perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi, sedangkan bentuk strategi yang digunakan adalah komunikasi dua arah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang sumber datanya berjumlah 13 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis Miles & Huberman yang berdasarkan analisis penulis yang dikaitkan dengan teori yang relevan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan Strategi Komunikasi yang digunakan, tahapan�tahapan strategi dan bentuk strategi komunikasi dua arah dalam proses pembelajaran online sangat penting bagi dosen untuk melaksanakan perkuliahan online agar evektif. Upaya mahasiswa dalam menerapkan disiplin belajar dengan cara meningkatkan fokus dan kosentrasi ketika pembelajaran online sehingga tujuan pencapain pembelajaran tercapai. Kelebihan dalam proses pembelajaran online yaitu waktu dan tempat belajar lebih fleksibel dan tidak terpaku pada satu tempat belajar, mahasiswa lebih terlatih dalam menggunakan teknologi informasi dalam proses perkuliahan, dan biaya yang dikeluarkan untuk kuliah lebih terjangkau, sedangkan kekurangannya yaitu kesulitan mengakses layanan internet sehingga pembelajaran online menjadi terhambat, Berkurangnya interaksi dengan pengajar, Kurangnya pemahaman terhadap materi. Dengan adanya strategi komunikasi dan kelebihan serta kekurangan tersebut memberikan harapan perubahan tentang pembelajaran online agar efektif. Kata Kunci: Strategi Komunikasi dan Proses Pembelajaran Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:55
Last Modified: 22 Aug 2022 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20502

Actions (login required)

View Item View Item