IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MA NURUL IMAN SIDODADI PRINGSEWU

FATIMATUZ, ZAHRO (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MA NURUL IMAN SIDODADI PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FATIMATUZ ZAHRO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik merupakan individu yang berbeda satu sama lain, memiliki keunikan masing-masing yang tidak sama dengan orang lain. Oleh karena itu, pembelajaran hendaknya memperhatikan perbedaan�perbedaan individual anak tersebut, sehingga pembelajaran benar�benar dapat merobah kondisi anak dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham serta dari yang berperilaku kurang baik menjadi baik. Hal ini terlihat dari perhatian sebagian guru/pendidik yang cenderung memperhatikan kelas secara keseluruhan, tidak perorangan atau kelompok anak, sehingga perbedaan individual kurang mendapat perhatian. Pembelajaran yang kurang memperhatikan perbedaan individual anak dan didasarkan pada keinginan guru, akan sulit untuk dapat mengantarkan anak didik ke arah pencapaian tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran active learning ini adalah salah satu strategi yang melibatkan siswa secara aktif dalam mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan secara terbuka dan demokratis. Pembelajaran yang diteliti pada strategi ini adalah pelajaran fiqih yang memerlukan strategi yang cocok digunakan pada siswa kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan strategi pembelajaran active learning pada mata pelajaran fiqih kelas XI MA Nurul Iman Sidodadi Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang melibatkan satu orang guru dan siswa di kelas XI MA Nurul Iman, data dikumpukan melalui observasi, wawancara dam dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan strategi pembelajaran active learning pada mata pelajaran fiqih yaitu dengan menggunakan metode jigsaw, think pair share, debate active dan reading guide. Dilihat dari beberapa kegiatan tersebut, penggunaan strategi pembelajaran active learning pada pelajaran fiqih kelas XI MA Nurul Iman Sidodadi Pringsewu terencana dan terlaksana dengan cukup baik. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Active Learning, Pelajaran Fiqih, Jigsaw, Think Pair Share, Debate Active dan Reading Guide Kelas XI MA Nurul Iman Sidodadi Pringsewu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:05
Last Modified: 11 Aug 2022 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20478

Actions (login required)

View Item View Item