PENGARUH METODE HANIFIDA TERHADAP HAFALAN AL-ASMA AL-HUSNA DIPONDOK PESANTREN RIYADLUL QUR’AN SIDOMULYO, PESAWARAN

MUHAMMAD, AZKA (2022) PENGARUH METODE HANIFIDA TERHADAP HAFALAN AL-ASMA AL-HUSNA DIPONDOK PESANTREN RIYADLUL QUR’AN SIDOMULYO, PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Azka.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Banyaknya faktor rendahnya hasil hafalan peserta didik yakni kurangnya metode yang tepat yang diterapkan pendidik dalam pada pembelajaran khususnya menghafal. Metode adalah cara tepat dan cepat dalam melakukan sesuatu. Jadi metode dapat diartikan sebagai cara yang tepat dan cepat dalam menerapkan metode menghafal dalam pelajaran, jadi faktor metode ini tidak boleh diabaikan begitu saja, karena metode disini dilewati untuk mencapai tujuan pengajaran. Menghafal merupakan kemampuan untuk memproduksi tanggapan- tanggapan yang telah tersimpan secara tepat dan sesuai dengan tanggapan�tanggapan yang telah diterimanya dan telah disimpan sebelumnya. Kegiatan menghafal merupakan bagian dari sebuah pembelajaran karena adanya tujuan yang telah dirumuskan dan membutuhkan strategi serta metode untuk mencapai tujuan tersebut dengan efektif dan efisien. Kesesuaian pemilihan metode yang diterapkan harus didasarkan pada kebutuhan dari peserta didik dan tujuan pembelajaran. Sehingga metode tersebut dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan metode dalam menghafal Asmaul Husna sangat beragam dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya yaitu metode Hanifida. Metode ini memfungsikan kedua belah otak kanan dan otak kiri, dimana pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit melalui imajinasi, visualisasi, cerita yang bervariasi yang sesuai dengan konteks pada kehidupan nyata sehingga diharapkan dapat membantu proses menghafal menjadi menyenangkan, mudah difahami dan tidak cepat lupa. Menghafal Asmaul Husna dengan metode Hanifida dapat membantu untuk menghafal lafaz beserta arti dan maknanya, baik disebutkan secara urut maupun secara acak. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode hanifida terhadap hafalan Asmaul Husna Dipondok Pesantren, Sidomulyo, Pesawaran. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel yakni variabel dependen (X) yaitu Metode iv hanifida dan variabel independen (Y) yaitu Terhadap Hafalan Al-Asma Al-Husna. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Riyadlul Qur‘an Sidomulyo, Pesawaran, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Penelitian ini membagi menjadi dua kelas yaitu kelas V MI A sebagai kelas eksperimen ( menggunakan metode hanifida) dan kelas V MI B sebagai kelas kontrol (menggunakan metode lalaran). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari Pretest dan Posttest. Berdasarkan perhitungan uji-T yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan nilai sig. 000 maka jika nilai probability sig (2- tailed) atau (sig ≤ 0,05) maka Ho diterima. Jadi terdapat pengaruh metode hanifida terhadap hafalan Al-Asma Al�Husna di Pondok Pesantren Riyadlul Qur‘an, Sidomulyo, Pesawaran. Kata Kunci : Metode Hanifida, Terhadap Hafalan Al-Asma Al-Husna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:25
Last Modified: 10 Aug 2022 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20451

Actions (login required)

View Item View Item