PERANAN SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN KARYAWAN TERHADAP PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT. BPRS Bandar Lampung)

Febrian, Maulana Putra (2022) PERANAN SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN KARYAWAN TERHADAP PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada PT. BPRS Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL FEBRIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Febrian Maulana Putra Penelitian ini bertujuan untuk memberikan batasan dalam studi dan pengumpulan, sehingga penelitian ini akan fokus dalam memahami masalah-masalah yang menjadi tujuan penelitian. Melalui fokus penelitian ini suatu informasi dilapangan dapat dipilah-pilah sesuai konteks permasalahannya, sehingga rumusan masalah ini saling berkaitan. Fokus penelitian skripsi ini adalah sistem penggajian karyawan PT. BPRS Bandar Lampung yang didasarkan kepada sistem penggolongan, adanya potongan pajak dan juga zakat yang harus dibayarkan oleh karyawan, adanya pemotongan tunjangan karyawan jika terlambat masuk kerja, dan perubahan status karyawan, dari berbagai faktor tersebut dapat mempengaruhi jumlah gaji dan tunjangan yang nantinya diterima oleh karyawan. Permasalahan dalam penelitian ini yakni Bagaimana sistem akuntansi penggajian karyawan pada PT. BPRS Bandar Lampung?. Bagaimana pengendalian internal pada sistem akuntansi penggajian karyawan di PT. BPRS Bandar Lampung?. Bagaimana sistem akuntansi penggajian karyawan dan pengendalian internal pada PT. BPRS Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam?. Apakah sistem akuntansi penggajian karyawan terhadap pengendalian internal pada PT. BPRS Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam, sudah berjalan dengan baik? Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui sistem akuntansi penggajian karyawan pada PT. BPRS Bandar Lampung. Untuk mengetahui pengendalian internal pada sistem akuntansi penggajian karyawan di PT. BPRS Bandar Lampung. Untuk mengetahui sistem akuntansi penggajian karyawan terhadap pengendalian internal pada PT. BPRS Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam. Untuk mengetahui sistem akuntansi penggajian karyawan terhadap pengendalian internal pada PT. BPRS Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam, sudahkah berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dimana hasil penelitian disajikan secara deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis denggan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pimpinan perusahaan telah menjalankan perannya dalam menerapkan sistem akuntansi penggajian karyawan terhadap pengendalian internal dalam perspektif ekonomi islam di PT BPRS Bandar Lampung, sehingga berjalan berjalan dengan baik. Kata Kunci : Akuntansi Penggajian, Pengendalian Internal, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:06
Last Modified: 09 Aug 2022 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20415

Actions (login required)

View Item View Item