PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2017-2020

Cindy, Alristiani (2022) PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2017-2020. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  CINDY ALRISTIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang erat kaitannya dengan lingkungan. Maka dari itu perusahaan yang terdaftar di JII wajib mengungkapkan mengungkapkan Islamic Corporate Social Responsibility baik dari segi ekonomi, sosial dan politik sebagai bentuk peduli perusahaan terhadap lingkungan dimana hal tersebut dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata stakeholder dan mendapat nilai yang positif. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah apakah pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Reputasi perusahaan di JII periode 2017-2020. Tujuan penelitian ini Untuk menguji apakah ICSR memiliki pengaruh terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini di didukung oleh Sharia enterprise theory, Legitimacy theory dan Stakeholder theory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data sekunder. Dimana indikator variabel ICSR diukur dengan menggunakan indeks ISR dengan enam kriteria yaitu investasi dan pendanaan, produk dan jasa, karyawan, Masyarakat, Lingkungan dan Tata Kelola Perusahaan. dan variabel Reputasi perusahaan diukur menggunakan reputation score dengan indeks GRI G4. Populasi dalam Penelitian ini berjumlah 45 perusahaan dengan 10 sampel perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, dan koefisien determinasi Adjusted R2. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa H0 dan Ha diterima. Artinya ICSR berpengaruh signifikan terhadap reputasi perusahaan. hal ini sesuai dengan teori teori legitimasi yaitu adalah pengelolaan yang berorientasi pada perusahaan terhadap masyarakat, pemerintah, individu maupun kelompok masyarakat. Selain itu berkaitan dengan teori stakeholder yaitu kepentingan (stakeholder) bahwa perusahaan bukanlah entitas yang hanya beroperasi untuk kepentingannya sendiri, tetapi entitas yang memberikan manfaat bagi stakeholder. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan mengungkapkan tanggung jawab sosial maka akan semakin baik pengaruh yang didapat perusahaan yang dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan mendapat penilaian positif dari masyarakat. Kata Kunci: Islamic Corporate Social Responsibility, Reputasi Perusahaan ABSTRACT Manufacturing companies are companies that are closely related to the environment. Therefore, companies registered with JII are required to disclose Islamic Corporate Social Responsibility from an economic, social and political perspective as a form of company care for the environment where it can improve the company's reputation in the eyes of stakeholders and get positive values. The formulation of the problem in this study is whether the disclosure of Islamic Corporate Social Responsibility has an effect on the company's reputation. Company reputation at JII for the 2017- 2020 period. The purpose of this study is to test whether ICSR has an influence on the company's reputation. This research is supported by Sharia enterprise theory, Legitimacy theory and Stakeholder theory. This study uses a quantitative approach and secondary data. Where the ICSR variable indicator is measured using the ISR index with six criteria, namely investment and funding, products and services, employees, society, environment and corporate governance. and the company's reputation variable was measured using a reputation score with the GRI G4 index. The population in this study amounted to 45 companies with 10 samples of companies. The sampling technique used is purposive sampling. The data analysis method used is simple regression analysis. The hypothesis test used is the t test, and the coefficient of determination is Adjusted R2. The results of hypothesis testing show that H0 and Ha are accepted. This means that ICSR has a significant effect on the company's reputation. This is in accordance with the theory of legitimacy theory, namely management that is oriented towards the company towards the community, government, individuals and community groups. In addition, it is related to stakeholder theory, namely the interests (stakeholders) that the company is not an entity that only operates for its own interests, but an entity that provides benefits to stakeholders. This shows that the more companies disclose their social responsibilities, the better the influence the company gets, which can improve the company's reputation and get a positive assessment from the community. Keywords: Islamic Corporate Social Responsibility, Company Reputation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:50
Last Modified: 09 Aug 2022 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20399

Actions (login required)

View Item View Item