MANAJEMEN DAKWAH NASYIATUL AISYIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN KAUM PEREMPUAN (Study terhadap Gerakan Nasyiatul Aisyiyah Muhammadiyah PD Kota Bandar Lampung)

BURDAH, LUTHFIANI TYA ZAIN (2022) MANAJEMEN DAKWAH NASYIATUL AISYIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN KAUM PEREMPUAN (Study terhadap Gerakan Nasyiatul Aisyiyah Muhammadiyah PD Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BURDAH LUTHFIANI TYA ZAIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nasyiatul Aisyiyah merupakan suatu organisasi otonom atau mandiri milik Muhammadiyah yang berupa organisasi gerakan putri islam, yang dalam geraknya meliputi bidang keperempuanan, keagamaan, masyarakat serta pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi-fungsi manajemen syariah di lembaga Nasyiatul Aisyiyah Pengurus Daerah Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif, penelitian ini dilakukan di kantor Nasyiatul Aisyiyah yang beralamatkan di Jln. Terusann Bawean 2 Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Data-data dalam skripsi ini dikumpulkan dengan teknik wawancara (Interview), observasi, dokumentasi. Aspek dari penelitian ini untuk melihat penerapan dari fungsi-fungsi dasar manajemen pada Nasyiatul Aisyiyah mulai dari Perencanaan, Pengorganisasian, pelaksanaan, dan Pengawasan, aspek perencanaan dakwah Nasyiatul Aisyiyah saat ini telah dijalankan, sebagaimana terdapat pada bidang-bidang Nasyiatul Aisyiyah seperti bidang kaderisasi dan keislaman yang merupakan terwujudunya kader Nasyiatul Aisyiyah yang dapat menghimpun, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi. Aspek pelaksanaan dakwah Nasyiatul Aisyiyah pada pengurus daerah kota Bandar Lampyng diwujudkan dengan melaksanakan ajaran Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Aspek Pengorganisasian lembaga Nasyiatul Aisyiyah PD Kota Bandar Lampung merupakan manajemen pada proses mengontrol tugas, kewenangan dan tanggung jawab setiap anggota dalam manajemen dakwah. Aspek Pengawasan Lembaga Nasyiatul Aisyiyah pada PD Kota Bandar Lampung dilakukan dengan sistem terbuka bagi anggota, dimana pengawasan dilakukan pada saat laporan pertanggung jawaban dan secara terbuka kepada anggota. Hasil penelitian menggambarkan bahwa lembaga Nasyiatul Aisyiyah telah menerapkan empat fungsi dasar manajemen dalam menjalankan organisasi guna meningkatkan keberagamaan kaum perempuan. Kata Kunci : Manajemen Dakwah, Keberagamaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:48
Last Modified: 08 Aug 2022 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20386

Actions (login required)

View Item View Item